Comparison

February 13, 2024

Inilah Perbandingan iPhone 12 dan iPhone 15 Dan Harga Secondnya

Memilih antara iPhone 12 dan iPhone 15 bisa menjadi dilema yang membingungkan bagi banyak orang. Dua perangkat ini menawarkan fitur-fitur yang menarik dengan perbedaan yang signifikan dalam spesifikasi dan teknologi. Bagi seseorang yang masih bingung, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi, anggaran, dan prioritas dalam penggunaan sehari-hari sebelum membuat keputusan akhir.

Apple iPhone 15 and iPhone 15 Pro review: New cameras, chips, and USB-C
Source: Yahoo Finance

iPhone 12, sebagai perangkat yang lebih tua, tetap menjadi pilihan yang solid dengan desain yang telah terbukti dan harga yang mungkin lebih terjangkau. Namun, iPhone 15 menjanjikan teknologi terbaru dan peningkatan kinerja yang dapat menarik bagi kamu yang menginginkan yang terbaik dalam hal inovasi dan kecanggihan. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, seseorang dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Yuk, kita simak untuk perbandingannya!

Baca juga: iPhone 12 Turun Drastis, Lihat Harga Secondnya Disini

Desain

iPhone 12 memiliki desain yang sudah dikenal, dengan tepian yang datar dan kerangka aluminium yang kokoh diapit oleh kaca di bagian depan dan belakangnya. Ukurannya yang nyaman di tangan membuatnya mudah digunakan sehari-hari. Sementara itu, iPhone 15 menampilkan desain yang lebih futuristik dengan sudut-sudut yang lebih membulat dan penggunaan material yang lebih canggih.

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 12 Pro Max — here's why I'm finally upgrading
Source: Yahoo News

Bagian depannya didominasi oleh layar yang hampir tanpa batas, memberikan tampilan yang mengagumkan dan elegan. Apple juga memperkenalkan variasi warna yang menarik seperti pink, kuning, hijau, biru, hitam dan pola baru untuk membedakan iPhone 15 dari pendahulunya. Secara keseluruhan, iPhone 15 menawarkan evolusi yang signifikan dalam desain, menampilkan inovasi yang mencolok sementara masih mempertahankan estetika yang khas dari produk Apple.

Sementara itu, iPhone 12 tetap menjadi pilihan yang solid bagi Jagoans yang menghargai kesederhanaan dan keandalan desain yang sudah terbukti. Keputusan antara keduanya akan tergantung pada preferensi pribadi Jagoans, apakah itu ketergantungan pada desain klasik yang dikenal atau keinginan untuk memiliki perangkat yang lebih futuristik dan canggih secara visual.

Layar

iPhone 12 hadir dengan layar Retina XDR OLED 6,1 inci yang menawarkan pengalaman visual yang memikat dengan resolusi 1170 x 2532 piksel dan kerapatan 460 ppi. Desainnya yang kompak membuatnya nyaman digunakan dengan satu tangan, sementara kualitas layarnya memberikan gambar yang tajam dan warna yang hidup untuk menonton konten multimedia, bermain game, dan menjelajahi web dengan kualitas visual yang luar biasa.

Using the Wrong Charger Could Damage or Destroy Your iPhone
Source: Business Insider

iPhone 15 memiliki resolusi layar yang sedikit lebih tinggi daripada pendahulunya, iPhone 14, dengan 1179 x 2556 pixel dan kerapatan 461 ppi, berbeda dari 1170 x 2532 pixel dengan kerapatan 460 ppi pada iPhone 14, yang berpotensi memengaruhi ketajaman gambar yang ditampilkan. Apple tidak secara detail menjelaskan tentang kedalaman warna dan mode warna yang digunakan, namun, berdasarkan pengujian GSM Arena, iPhone 15 menggunakan panel warna 10-bit dengan peralihan otomatis dari OS yang digunakan.

Meskipun demikian, Apple menegaskan bahwa keakuratan warna iPhone 15 sudah sangat baik, terutama dengan dukungan dari HDR10 dan Dolby Vision. Salah satu peningkatan signifikan dari layar adalah kecerahannya, di mana iPhone 15 mampu mencapai kecerahan hingga 2000 nit ketika ditingkatkan dari 1000 nit dalam mode default, memungkinkan kamu untuk tetap melihat layar dengan jelas bahkan dalam kondisi cahaya terik.

Prosesor

iPhone 12 didukung oleh prosesor A14 Bionic, yang merupakan salah satu yang tercepat di pasaran pada saat diluncurkan. Dengan kekuatan enam inti CPU dan empat inti GPU, prosesor ini memberikan kinerja yang tangguh untuk menjalankan aplikasi dan game yang menuntut, serta memberikan pengalamanmu yang lancar dan responsif. Teknologi Neural Engine di dalamnya mempercepat tugas-tugas kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, meningkatkan kinerja dalam pengenalan wajah, pemrosesan gambar, dan aplikasi kecerdasan buatan lainnya.

iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max? Ini Perbedaannya | Pricebook
Source: Pricebook

iPhone 15 menampilkan performa yang tangguh dengan chip Apple A16 Bionic, yang sebelumnya digunakan dalam model Pro dari iPhone 14 Series, sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menggunakan chip terbaru Apple A17 Bionic Pro (3 nm). Meskipun ada kekhawatiran tentang masalah overheating yang terjadi pada A17 Bionic Pro, penggunaan A16 Bionic di iPhone 15 dianggap lebih stabil karena sudah matang dalam iPhone 14 Pro Series.

Dengan manufaktur 4 nm (TSMC), A16 Bionic menawarkan peningkatan dalam jumlah transistornya, dari 15 miliar menjadi 16 miliar, dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Apple A15 Bionic. Chip ini terdiri dari enam prosesor inti, termasuk dua core berperforma tinggi bernama Everest (3,46 GHz) dan empat core efisiensi tinggi bernama Sawtooth (2,02 GHz).

Apple mengklaim bahwa A16 Bionic memberikan performa 40% lebih cepat daripada chipset lain di pasaran, dengan peningkatan 50% dalam bandwidth memori, didukung oleh Apple GPU dengan 5 inti grafik dan neural engine yang mampu mengoperasikan 17 triliun operasi per detik.

Baterai

iPhone 12 dilengkapi dengan baterai lithium-ion internal yang memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mendukung penggunaan sehari-hari. Meskipun Apple tidak memberikan detail spesifik tentang kapasitas baterai dalam spesifikasi resminya, iPhone 12 dikenal memiliki daya tahan baterai yang cukup baik, mampu bertahan sepanjang hari dengan penggunaan yang normal.

Review: lighter, cheaper iPhone 15 Pro is a no-brainer as an upgrade |  Independent.ie
Source: Irish Independent

iPhone 12 mendukung pengisian daya nirkabel Qi, memungkinkan kamu untuk mengisi daya perangkat dengan mudah tanpa harus terhubung secara kabel. Perangkat ini tidak memiliki kapasitas baterai yang dapat dilepas atau pengisian daya cepat yang sangat cepat, daya tahan baterainya yang solid dan kemampuan pengisian daya nirkabel membuatnya menjadi pilihan yang andal untuk penggunaan sehari-hari.

Meskipun iPhone 15 memiliki kapasitas baterai yang terbilang kecil, hanya 3349 mAh, ini cukup menarik karena mampu memberikan ketahanan baterai untuk penggunaan sehari penuh. Kapasitasnya yang sedikit lebih besar daripada iPhone 14, yang hanya 3279 mAh, menambah daya tariknya.

Kamera

Dari segi kamera, iPhone 12 menampilkan sistem kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.6 dan kamera ultrawide 12 MP dengan aperture f/2.4. Kombinasi kedua kamera ini bisa untuk mengambil foto yang detail dan berkualitas tinggi dengan sudut pandang yang luas. iPhone 12 juga dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi canggih seperti Night mode, Deep Fusion, dan Smart HDR 3, yang meningkatkan kemampuan kamera dalam berbagai kondisi pencahayaan dan menghasilkan gambar yang lebih jelas dan terperinci.

iPhone 15 Pro vs iPhone 14 Pro: Old and new cameras compared - Amateur  Photographer
Source: Amateur Photographer

Selain itu, iPhone 12 juga mampu merekam video dalam resolusi 4K pada kecepatan 24fps, 30fps, atau 60fps, dengan dukungan untuk Dolby Vision HDR, memberikan kamu kemampuan untuk membuat video berkualitas sinematik dengan mudah. Sektor kamera tetap menjadi fokus utama dalam produk Apple, termasuk iPhone 15 yang masih menggunakan konfigurasi dua kamera di bagian belakang dengan tampilan yang familiar.

Namun, perbedaan terletak pada kamera utamanya, yang memiliki resolusi 48 MP, berbeda dari pendahulunya seperti iPhone 14 atau iPhone 13 yang hanya memiliki kamera utama 12 MP. Meski resolusinya sama dengan iPhone 15 Pro Series atau iPhone 14 Pro Series, iPhone 15 menggunakan sensor kamera Sony yang khusus, berbeda dari sensor Sony IMX803 yang digunakan dalam iPhone 15 Pro Series. Dengan bukaan f/1.6 dan piksel 1.0µm, kamera utama iPhone 15 menawarkan mode 24 MP secara default untuk meningkatkan detail gambar.

Baca juga: Punya iPhone 11 Pro, Haruskah Upgrade ke iPhone 15 Pro?

Kesimpulan

Dalam membandingkan iPhone 12 dengan iPhone 15, terdapat beberapa perbedaan kunci yang perlu dipertimbangkan. iPhone 15 menawarkan inovasi yang signifikan dalam hal desain, kinerja prosesor, dan kamera, dengan fitur-fitur canggih seperti kamera utama 48 MP dan chip Apple A16 Bionic yang kuat. Sementara itu, iPhone 12 tetap menjadi pilihan yang solid dengan desain yang sudah terbukti, kinerja yang handal berkat chip A14 Bionic, dan sistem kamera yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Kamu bisa menemukan kedua jenis iPhone ini di Jagofon, yang merupakan marketplace spesialis HP bekas dengan kualitas jempolan. Di sini kamu akan menemukan beragam jenis HP mulai dari iPhone 6 hingga iPhone 15, loh. Semua HP yang dijual di Jagofon sudah melewati serangkaian tes hingga 90+ titik fungsi. Selain itu, kamu juga kaan mendapatkan garansi mesin 6 bulan. Jadi, tidak perlu khawatir lagi HP seken yang kamu beli pasti akan berfungsi dengan baik!

Mau menggunakan iPhone 12 ataupun iPhone 15, keduanya bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun iPhone 15 menawarkan beberapa peningkatan yang menarik, kamu perlu mempertimbangkan apakah fitur-fitur tambahan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu, sementara iPhone 12 tetap menjadi pilihan yang solid untuk kamu yang mencari perangkat yang andal dan terjangkau.

Share on: