Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya

iPhone XR yang beredar sejak tahun 2018 masih saja banyak penggunanya. Performa iPhone memang didesain untuk jangka waktu pemakaian yang tergolong panjang sehingga banyak penggunanya yang betah dengan satu model sebelum menggantinya jika benar-benar rusak atau sudah tidak mendapatkan pembaruan patch keamanan terbaru.

Untuk bermain game dan menuntaskan tugas harian, iPhone XR memang masih bisa diandalkan, hanya saja umurnya yang sudah tua akan ada beberapa masalah baik dari software dan hardware nya yang berpotensi menghambat kegiatan dan keamanan data kamu.

Nah, buat Jagoans yang keukeuh ingin beli iPhone XR di tahun 2024, simak kekurangan iPhone XR ini yang bakal bikin kamu mikir untuk membelinya.

Baca juga: iPhone 11 dan iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini!

Chipset Jadul

Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya | Jagofon
Image Source: GSMArena

iPhone XR ditenagai oleh chipset A12 Bionic dengan CPU 6-core dan GPU 4-core. CPU nya terbagi menjadi 2 core Vortex 2.5 GHz + 4 core Tempest 1.6 GHz. Ponsel ini juga sudah dibekali 8 core neural engine yang berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data.

RAM nya juga hanya sebesar 3GB dengan pilihan memori internal 64GB, 128GB, atau 256GB yang tidak bisa kamu tambah melalui memori eksternal.

Secara umum, iPhone XR masih bisa menjalankan game dengan mulus. Terbukti dengan skor AnTuTu nya yang berada di kisaran 700 ribuan. Namun karena chipsetnya tergolong jadul, ponsel ini jadi cepat panas dan cenderung mengakibatkan banyaknya scene frame drop.

Tentu hal ini bisa menghambat pengalaman bermain game kamu jika terjadi terlalu sering. Salah satu hal yang bisa mengatasinya adalah dengan memakai cooler iPhone. Perangkat luar ini terbilang efektif mengurangi suhu yang dihasilkan oleh prosesornya ketika menjalankan game berat.

Kamera Hanya Satu Lensa

Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya | Jagofon
Image Source: Camera Jabber

Kamera yang ada pada iPhone XR hanya terdapat satu di bagian belakang sebesar 12MP dan satu di bagian depan sebesar 7MP. Hal ini memang terlihat sangat jadul karena ponsel kekinian minimal memiliki kamera ganda dengan berbagai macam fitur tambahan.

Meski kamera belakangnya hanya satu, namun bisa menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi. Kamera belakangnya memiliki lensa sebesar 1/2.55" yang bisa menghasilkan ukuran piksel sebesar 1.4µm serta dilengkapi fitur PDAF dan OIS. Ketika dipakai untuk merekam, kameranya bisa menghasilkan video berkualitas maksimal 4K@60fps.

Jadi walau jadul, kamera iPhone XR masih bisa bersaing dengan HP kelas menengah keluaran baru yang ada di pasaran. Namun, kamu jangan berharap bisa menggunakan lensa ultrawide, teleskop atau periskop di iPhone XR ya Jagoans.

Baterai Tak Sekuat Penerusnya

Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya | Jagofon
Image Source: AppleInsider

iPhone XR dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas 2.942 mAh. Kapasitas yang tergolong kecil ini memang sangat jomplang jika dibandingkan dengan HP keluaran baru yang rata-rata memiliki kapasitas 5000 mAh. Pengisian ulang baterainya juga hanya sebesar 15W, tetapi kamu bisa menggunakan adaptor charger 20W juga untuk mendapatkan pengisian ulang yang lebih optimal.

Tak hanya perbedaan dalam kapasitasnya, masalah utama yang sering menjadi momok pengguna iPhone jadul adalah tingkat kesehatan baterainya. Usia yang tidak muda lagi, ditambah dengan pola pemakaian yang tidak terlalu baik akan membuat baterai iPhone XR kamu cepat rusak dan memiliki persentase kesehatan baterai yang rendah.

Tak heran jika kamu harus mengisi ulang baterainya sebanyak 2 kali dalam satu hari karena pemakaiannya yang cukup boros.

Hal ini memang tidak bisa disangkal, buat Jagoans yang ingin beli iPhone XR bekas di tahun 2024 harus mewanti-wanti kualitas baterainya. Kamu harus cek apakah baterainya masih sehat atau sudah harus diganti.

Desain Sudah Jadul

Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya | Jagofon
Image Source: Digital Trends

Desain iPhone XR memang sudah jadul. Dimensi yang agak tebal berukuran 8.3 mm dan bodi yang cukup berat berbobot 194 gram memang kurang nyaman digenggam atau dimasukkan ke dalam kantong.

Single camera yang ada di bagian belakangnya juga terlihat aneh jika dibandingkan dengan iPhone lain yang sudah memiliki modul kamera boba. Sekilas saat melihat iPhone XR saat dipegang pasti langsung teridentifikasi bahwa itu adalah iPhone jadul.

Layar Kurang Cemerlang

Kekurangan iPhone XR Ini Bakal Bikin Kamu Mikir untuk Membelinya | Jagofon
Image Source: MacPoin

Layar iPhone XR dibekali panel Liquid Retina IPS LCD dengan resolusi 720p (828 x 1792 piksel) berukuran 6,1 inchi dan kecerahannya mentok sampai 625 nit. Layarnya memang kurang enak dipandang jika dibandingkan dengan panel AMOLED atau OLED. Kepekatan, kecerahan, dan kepadatan pikselnya memang kurang maksimal yang menghasilkan layarnya kurang cemerlang.

Selain itu, refresh rate layarnya masih terbatas sampai 60Hz yang jika dibandingkan degan HP Android 3 jutaan tentu kalah jauh yang bisa menghadirkan refresh rate antara 90Hz atau 120Hz.

Saat menggulir layarnya juga akan terasa perbedaannya. Layar jadul 60Hz akan terlihat lebih kasar transisinya ketimbang dengan mereka yang memiliki refresh rate di atas itu.

Namun semua ini kembali lagi ke mindset dan pembiasaan mata saja ya Jagoans. Jika kamu terbiasa melihat layar dengan refresh rate 60Hz, mata kamu akan nyaman-nyaman saja.

Masih Ingin iPhone XR? Ini Alasannya

Dari semua kekurangannya, apakah iPhone masih layak dibeli di tahun 2024? Jika ada, berikut alasannya.

  • Desain masih solid dengan material premium serta perlindungan tahan air dan debu bersertifikat IP67.
  • Chipset masih bisa diandalkan untuk bermain game berat
  • Kemampuan kamera masih bisa menghasilkan konten yang bagus untuk media sosial kamu.
  • Keamanan masih terjaga berkat FaceID yang responsif
  • iOS stabil, tidak adanya bug yang mengganggu
  • Harga sudah sangat murah

Alternatif Selain iPhone XR

  • realme GT NEO 3
  • POCO F4
  • ASUS ROG Phone 5s
  • realme GT Neo 3T
  • Black Shark 4

Beberapa HP Android di atas bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan beli iPhone XR di tahun 2024. Beberapa model di atas memang memiliki label HP gaming seperti Black Shark 4 dan ROG Phone 5s dengan mengandalkan performanya.

Baca juga: Simak HP Kamera Terbaik 3-4 Jutaan!

iPhone Terbaik dan Terjangkau? Di Jagofon Ada!

Beli iPhone bekas memang harus menimbang dari beberapa faktor. Jika kamu ceroboh, kamu akan menyesal jika iPhone bekas yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan karena sudah direfurbished atau rekondisi.

Nah, untuk memberikan tempat yang aman dan terpercaya dalam hal jual-beli iPhone, Jagofon hadir untuk memenuhi harapan kamu dengan menyediakan iPhone bekas berkualitas.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!