JagoHacks

Kupas Tuntas Cara Cek Garansi Samsung, Mudah dan Praktis!

Ini Cara Cek Garansi Samsung yang Anti Ribet! - Qoala Indonesia
Source : Qoala

Siapa sih yang tidak mengenal Samsung? perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini selalu melakukan beragam inovasi, khususnya pada produk smartphone mereka. Sebut saja Samsung Galaxy S23 yang diluncurkan pada Oktober 2023 lalu yang telah dilengkapi dengan chipset mumpuni dan beragam fitur canggih yang siap memanjakan penggemar setia mereka.

Baca juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung S23

Di Indonesia sendiri, produk smartphone milik Samsung bahkan memiliki pengguna terbanyak di Indonesia dengan persentase 29% berdasarkan survei yang dilakukan oleh Goodstat.id pada bulan Maret 2023. Dengan banyaknya pengguna Samsung tersebut, Samsung juga selalu mengedepankan kenyamanan pengguna dengan memberikan garansi pada setiap produk miliknya.

Bagi sebagian orang, garansi mungkin sering dipandang sebelah mata. Namun, sebenarnya garansi dapat memberikan beragam keuntungan lho Jagoans, mulai dari perbaikan komponen hingga penggantian komponen yang rusak secara gratis. Untuk kamu yang penasaran dengan garansi Samsung, simak artikel berikut ya!

Garansi Samsung

Untuk mendukung kenyamanan pengguna, Samsung memberikan garansi untuk produk-produk miliknya mulai dari smartphone, tablet, aksesoris dan baterai. Masa garansinya juga bervariasi mulai dari enam bulan sampai dengan satu tahun, tergantung dari jenis produk Samsung.

Ada beberapa ketentuan terkait garansi Samsung yang harus kamu perhatikan, yaitu :

  • Garansi berlaku sesuai dengan jangka waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia.
  • Pengguna harus membawa kartu garansi.
  • Perbaikan atau reparasi akan dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung di seluruh Indonesia.
  • Apabila dalam masa garansi produk Samsung mengalami kerusakan, pengguna tidak akan dikenakan biaya komponen spare part ataupun jasa perbaikan.

Selain itu, garansi dari Samsung bisa menjadi tidak berlaku apabila mengalami hal-hal berikut :

  • Kartu garansi tidak terisi lengkap atau kartu tidak sesuai dengan nomor IMEI, model dan seri ponsel.
  • Nomor IMEI, model, seri, dari produk Samsung terhapus, diubah, atau mendapat coretan.
  • Kerusakan yang disebakan bencana alam.
  • Kerusakan pada hologram atau segel ponsel Samsung.
  • Kerusakan karena kelalaian termasuk jatuh, terkena cairan, pecah atau retak akibat tekanan, tergores, berkarat, terkena noda dan berjamur, dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari.
  • Masa garansi produk telah habis.
  • Perangkat lunak atau software telah dimodifikasi oleh pengguna.
  • Suku cadang atau komponen diganti dengan komponen yang tidak asli oleh pengguna di luar dari komponen yang telah ditentukan oleh Samsung.

Untuk ketentuan selengkapnya mengenai garansi, Jagoans dapat melihatnya pada laman ini : samsung.com/id/support/warranty. Namun, perlu diingat juga ya Jagoans, sebelum mengajukan klaim untuk garansi produk Samsung milikmu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terkait informasi garansi Samsung dengan cara-cara berikut ini :

Cek Garansi Samsung via Aplikasi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cek garansi Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi Samsung Members. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi Samsung Members, jika kamu belum memilikinya, kamu dapat dengan mudah mengunduhnya melalui Play Store.
  • Kemudian install dan buka aplikasi Samsung Members.
  • Pilih opsi pada tab Garansi.
  • Selanjutnya ketikkan nomor IMEI produk Samsung kamu.
  • Terakhir tekan tombol Cek Garansi dan tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan informasi garansi dari produk Samsung milikmu.

Cek Garansi Samsung di Kartu Garansi

Cara kedua sekaligus cara yang paling mudah untuk cek garansi Samsung adalah dengan melihatnya pada kartu garansi. Pada kartu garansi Samsung, akan terlihat periode atau tanggal masa garansi produk. Selain itu, untuk mengklaim garansi, biasanya pengguna harus terlebih dahulu mengisi data pribadi dan data terkait ponsel pada kartu garansi.

Kartu garansi sendiri biasanya langsung diberikan pada saat pembelian produk pertama kali, ada di dalam kotak ponsel, ataupun diberikan langsung oleh karyawan di toko. Pastikan kamu selalu menjaga dan menyimpan kartu garansi dengan baik agar tidak rusak, karena kartu tersebut harus dibawa saat melakukan klaim garansi di Service Center Samsung Indonesia.

Cek Garansi Samsung via Layanan Pelanggan

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk cek informasi tentang garansi Samsung adalah dengan melakukan pengecekan informasi garansi melalui layanan pelanggan Samsung. Untuk terhubung dengan layangan pelanggan, kamu dapat menghubunginya melalui kontak berikut ini :

Cek Garansi Samsung Secara Offline

Garansi pada perangkat Samsung adalah hal yang sangat penting, karena dengan adanya garansi, kita dapat menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan. Saat mendapati perangkat elektronik kita rusak, kita dapat memperbaikinya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, asalkan kerusakan tersebut bukan dikarenakan hal-hal penyebab garansi hilang.

Selain dengan cara online melalui aplikasi, kamu juga dapat melakukan cek garansi Samsung secara offline dengan melakukan visit store atau mengunjungi gerai Service Center Samsung terdekat di kotamu.

Untuk mengetahui alamat dari gerai Samsung, kamu dapat mengunjungi lama berikut : https://www.samsung.com/id/samsung-experience-store/locations/

Baca juga: Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

Cek Samsung Second Bergaransi di Jagofon!

Gimana Jagoans? jangan lupa untuk menyimpan kartu garansi Samsung kamu dengan baik ya, karena garansi akan sangat bermanfaat untuk melindungi perangkat elektronik yang baru saja kamu beli. Jika perangkat yang kamu beli tiba-tiba rusak atau mengalami gangguan fungsi, maka kamu bisa menggunakan garansi tersebut.

Nah, buat kamu yang sedang mencari ponsel android Samsung bergaransi, kamu bisa banget lho langsung mengunjungi website Jagofon. Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas.

Walaupun HP bekas, kamu nggak perlu khawatir, karena setiap produk yang ditawarkan Jagofon juga sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Semua produk Jagofon juga dijamin 100% original, alias tidak ada part yang diganti atau pun refurbished.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Selain itu, dengan berbelanja di Jagofon kamu juga turun berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik yang berbahaya bagi lingkungan.

Beli HP bekas Jagofon juga nggak bikin repot lho Jagoans, karena kita siap antar HP impianmu sampai ke depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu sama kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Mudah kan?

Jadi, tunggu apalagi? yuk segera dapatkan beragam ponsel impian kamu hanya di Jagofon!