Product

Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga iPad 9

iPad adalah perangkat yang sangat cocok untuk penggunaan yang sederhana dalam beberapa waktu terakhir. Dengan antarmuka yang intuitif dan kemampuan yang tangguh, iPad memungkinkan kamu untuk menjelajahi web, mengakses email, melakukan panggilan video, dan menggunakan aplikasi produktivitas dengan mudah.

Selain itu, berkat keberadaan App Store yang kaya, kamu dapat menemukan berbagai aplikasi dan game yang sesuai dengan kebutuhan dan minatmu, menjadikan iPad sebagai perangkat yang serbaguna untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

Source: Chotot

Saat ini, iPad telah menjadi sebuah alat yang sangat membantu dalam lingkup pekerjaan, menyediakan akses mudah untuk aplikasi produktivitas seperti pengolahan dokumen, presentasi, dan manajemen proyek.

Namun demikian, iPad juga dikenal sebagai perangkat hiburan yang serbaguna, memungkinkanmu untuk menikmati berbagai jenis hiburan seperti bermain game dan menonton konten multimedia seperti film dan acara TV. Kombinasi kemampuan produktivitas dan hiburan membuat iPad menjadi perangkat yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik dalam konteks profesional maupun rekreasi.

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih iPad yang akan menemani kegiatanmu sehari-hari, mari pelajari dulu mengenai detail iPad incaranmu. Saat ini, Jagofon akan membahas tetang iPad Gen 9. Yuk simak untuk spesifikasi lengkapnya yang sudah Jagofon rangkum di bawah ini!

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPad Terbaru dan Semua Line Up iPad

Desain

Pada zaman ini, melihat smartphone dengan bezel tebal di bagian atas dan bawah layar serta tombol Home telah menjadi jarang, kecuali untuk ponsel dengan harga yang lebih terjangkau. Sebagian besar tablet dan smartphone yang dirilis pada tahun 2021 telah mengadopsi desain bezel yang lebih tipis. Namun, iPad 9 yang dirilis pada tahun tersebut masih mempertahankan desain lama dengan tombol Home yang berfungsi juga sebagai sensor pemindai sidik jari.

Source: Computer Base

Hal ini mengakibatkan ukuran bodi iPad menjadi lebih besar dan area layar yang dapat digunakan menjadi lebih sedikit. Jika bezelnya lebih tipis, layarnya bisa memiliki dimensi yang lebih lebar pada ukuran bodi yang sama, meningkatkan pengalaman Jagoans secara keseluruhan.

Spesifikasi

  • Layar : Layar Multi-Touch dengan lampu latar LED 10,2 inci (diagonal) dengan teknologi IPS
  • Resolusi 2160 x 1620 (264 ppi)
  • Dimensi : 250,6 x 174,1 x 7,5 mm
  • Berat :
    • Wi-Fi 487 gram
    • Wi-Fi + Cellular 498 gram
  • Chip : Chip Apple A13 (7nm+), CPU 6-core, GPU 4-core, Neural Engine
  • RAM : 3 GB
  • Memori : 64 GB, 256 GB
  • Kamera : Wide 8 MP, f/2.4, Zoom 5x, Panorama 43 MP
  • Kamera Depan : Ultra Wide 12 MP, f/2.4, 122°
  • Baterai : 32,4 Wh
  • Koneksi :
    • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
    • Bluetooth 4.2

Ukuran dan Layar

Apple iPad Gen 9 mempertahankan kualitas layar yang sama dengan pendahulunya, iPad Gen 8, dengan panel Retina IPS LCD beresolusi 1620 x 2160 pixel dan aspek rasio 4:3. Meskipun ukuran layarnya tetap 10,2 inci, sedikit lebih kecil dari Xiaomi Pad 5 yang menjadi pesaingnya dengan layar 11 inci dan aspek rasio 16:10. Apple mengklaim tingkat kecerahan layar mencapai 500 nit.

Source: Nextpit

iPad Gen 9 bahkan menunjukkan tingkat kecerahan sebesar 513 nit dengan kontras rasio 1123:1, melampaui klaim resmi perusahaan, serta memberikan kenyamanan yang cukup untuk penggunaan di luar ruangan. Dengan gamut warna sRGB yang hampir sempurna, layar iPad 9 menawarkan pengalaman visual yang memuaskan bagi Jagoans.

Prosesor

Meskipun banyak yang menganggap bahwa keunggulan utama produk Apple terletak pada desain fisiknya, pada iPad 9 justru yang paling mencolok adalah performanya secara keseluruhan. Ditenagai oleh Apple A13 Bionic, SoC yang juga digunakan dalam iPhone 11 series dan generasi kedua iPhone SE, iPad 9 menawarkan kinerja yang luar biasa. Apple A13 Bionic ini memiliki enam inti, termasuk dua prosesor bertenaga tinggi dengan kecepatan 2,65 GHz dan empat prosesor hemat daya dengan frekuensi 1,8 GHz.

Harga Anjlok! Apple iPad 9 Kini Turun Sejuta di 2023, Pakai Chipset A13  Bionic dan iPadOS 15 - Hallo Ternate
Source: IDN Times

Chipset ini juga dilengkapi dengan blok AMX untuk kecerdasan buatan yang mampu menjalankan 1 triliun operasi per detik dan meningkatkan kecepatan multiplikasi matriks enam kali lipat dari generasi sebelumnya. Selain itu, teknologi neural engine 8 bit yang lebih cepat dan hemat daya, serta kartu grafis Apple GPU empat inti dengan kinerja 40% lebih cepat, membuat iPad 9 menjadi teman bermain yang tangguh. Meskipun umumnya game lebih sering dimainkan di smartphone, iPad 9 tetap mampu menghadirkan pengalaman gaming yang mulus, bahkan saat diuji dengan permainan berat seperti Genshin Impact dengan pengaturan grafis tertinggi.

Kamera

Bagi pengguna iPad 8 yang mungkin merasa kurang puas dengan kemampuan kamera depannya, kehadiran iPad 9 menjadi solusi yang menarik. iPad 8 hanya memiliki resolusi kamera depan 1,2 MP, yang jauh kalah dengan iPad 9 yang menghadirkan kamera depan beresolusi 12 MP dengan fungsi ultrawide. Kamera ini mampu mengambil gambar dengan sudut lebar 122 derajat, memungkinkan kmau untuk menampung lebih banyak subjek dalam satu frame.

Source: iMore

Salah satu fitur unggulan yang diadopsi dari iPad Pro adalah Center Stage, yang secara otomatis memposisikan subjek utama di tengah layar bahkan ketika bergerak, serta melakukan zoom out secara otomatis jika mendeteksi penambahan orang dalam frame. Fitur ini sangat berguna untuk panggilan grup melalui FaceTime, menghadirkan pengalaman panggilan video yang lebih praktis tanpa perlu mengatur posisi iPad secara manual. Selain itu, kamera depan 12 MP ini juga mendukung perekaman video 1080p dan dilengkapi dengan fitur penstabilan (EIS) untuk menghasilkan video yang lebih halus dan bebas dari efek jello.

Baterai

iPad 9 dilengkapi dengan baterai lithium-polymer 32.4Wh yang menawarkan daya tahan yang solid untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kemampuan ini, iPad 9 mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan web melalui Wi-Fi atau menonton video, memberikan fleksibilitas bagi kamu untuk menjelajahi konten digital tanpa khawatir tentang kehabisan daya. Meskipun mungkin tidak menawarkan daya tahan yang luar biasa seperti model-model iPad Pro, baterai iPad 9 tetap cukup andal untuk memenuhi kebutuhan harian penggunaan multitasking dan hiburan.

Review iPad Generasi 9: Kamera OK - Droila
Source: Tribun

Apple Pencil

Meskipun iPad reguler termasuk dalam kategori harga entry level dan tidak seadvance iPad mini atau iPad Air dalam hal spesifikasi dan fitur, Apple masih memberikan dukungan terhadap Apple Pencil dan Smart Keyboard pada iPad Gen 9 ini. Meski Apple Pencil yang didukung adalah generasi pertama tanpa fitur Bluetooth untuk navigasi dan perlu diisi ulang dengan kabel, responsivitas dan performanya tidak terlalu jauh berbeda dari generasi kedua.

Source: Tech Radar

Sedangkan Smart Keyboard tidak sekompleks Magic Keyboard yang didukung iPad Pro karena tidak menyertakan trackpad. Meski demikian, bagi yang memerlukan iPad yang dapat menggantikan peran laptop tanpa menguras kantong, iPad 9 masih menjadi pilihan yang layak.

Fitur Lainnya

Apple iPad 9 mengadopsi sistem operasi iPadOS 15 yang telah dioptimalkan khusus untuk multitasking. Pengalaman menggunakan split-screen pada perangkat ini sangat praktis dan menyenangkan. Sekarang, ketika membuka aplikasi, kamu dapat dengan mudah memilih opsi untuk membagi layar dengan mengetuk ikon yang muncul. Kamu dapat melihat dua kondisi yang berbeda: mode layar penuh sebagai default saat aplikasi pertama kali dibuka, dan mode split-screen di mana jendela aplikasi akan diperkecil dan diletakkan di samping kiri untuk memberi ruang pada aplikasi lain di sebelahnya.

Appy New Year: how to start using applications on your new smartphone ...
Source: UoD System

Bahkan dalam menu recent app, kedua jendela tersebut akan digabungkan menjadi satu, dengan antarmuka yang memungkinkanmu untuk melakukan drag and drop untuk menggabungkan dua jendela terpisah menjadi satu. iPadOS 15 juga memungkinkan split-screen untuk dua aplikasi dalam format rasio 1:2 atau 2:1 dalam mode potret, sementara dalam mode lanskap, kedua aplikasi akan ditampilkan dengan porsi yang sama.

Baca juga: Inilah Spesifikasi dan Harga iPad 6 Tahun 2023

Kesimpulan

Secara keseluruhan, iPad Gen 9 menawarkan kombinasi yang solid antara kinerja yang andal, pengalaman Jagoans yang intuitif, dan fitur-fitur yang memadai dengan harga yang terjangkau. Dengan prosesor Apple A13 Bionic yang kuat, dukungan untuk Apple Pencil dan Smart Keyboard, serta peningkatan dalam hal multitasking melalui iPadOS 15, iPad 9 adalah pilihan yang menarik bagi Jagoans yang mencari perangkat tablet serbaguna untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur-fitur canggih yang terdapat pada model-model iPad yang lebih mahal.

Harga iPad 9 bisa kamu dapatkan di situs resmi iBox dengan Rp 5.499.000. Dibandingkan dengan iPad terbaru saat ini, harga iPad 9 saat ini menjadi pilihan menarik untuk kamu yang mencari iPad dengan harga terjangkau tetap dengan teknologi up to date. Jagoans juga bisa mendapatkan iPad 9 versi second di Jagofon, dengan harga yang pasti lebih murah dibandingkan di pasaran. Semua HP di Jagofon sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi, sehingga dijamin 100% berfungsi seperti HP baru.

Kamu juga akan mendapatkan jaminan garansi mesin 1-6 bulan dengan membeli HP bekas di Jagofon, jadi seperti beli HP baru. Beli HP bekas jadi gampang banget, HP langsung diantarkan ke depan rumah tanpa dipungut ongkos kirim sepulau Jawa. Jagofon juga menyediakan metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon. Jadi, tidak perlu khawatir lagi membeli HP bekas, apalagi dengan harga iPad 9 yang sudah turun ini. Kamu bisa dapatkan di Jagofon dengan lebih menghemat kantong lagi, deh!