JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Mirip Airdrop! Ini Cara Memakai Nearby Share di Android

Source : Slash Gear

Bagi para pengguna Apple, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya fitur AirDrop. Fitur AirDrop ini pertama kali dikenalkan oleh Apple pada Juli tahun 2011 pada perangkat dengan OS X, iPadOS 13, dan iOS 7 ataupun perangkat dengan OS yang lebih baru.  

Fitur ini sangat disukai oleh para pengguna Apple karena kemudahannya dan kecepatannya untuk mengirim dan menerima file antar Apple Device, baik iPhone, iPad, MacBook dan Mac. Melakukan transfer data pun relatif aman karena telah dilengkapi teknologi enkripsi.

Nah, untuk para pengguna smartphone Android, kini tidak perlu khawatir untuk melakukan transfer data. Hal dikarenakan Google juga sudah menyediakan fitur yang serupa dengan AirDrop. Selain pada Android, fitur ini  juga tersedia dengan perangkat Windows, yang dikenal dengan nama Nearby Share.

Namun, belum banyak orang mengetahui tentang kehadiran dari fitur yang satu ini. Padahal, fitur ini akan sangat memudahkan pengguna Android dalam berbagi file, gambar, video, dan tautan dengan perangkat Android maupun perangkat Windows lainnya.  Sehingga akan memudahkan dan menambah efesiensi dari pekerjaan pengguna.

Untuk kamu yang masih penasaran dengan fitur Nearby Share yang mirip AirDrop ini, Jagofon akan membahas secara tuntas tentang tata cara menggunakan Nearby Share. Yuk simak artikel ini sampai habis ya Jagoans!

Nearby Share

Sebagai informasi, cara kerja fitur Nearby Share ini akan memanfaatkan layanan Bluetooth, webRTC hingga jaringan Wi-Fi peer to peer. Fitur ini juga dapat terhubung tanpa jaringan internet, sehingg akan memudahkan transfer atau menerima file dari pengguna Android maupun Windows.

Di samping itu, fitur Nearby Share ini juga dapat digunakan meskipun tanpa jaringan internet, asalkan perangkat Android maupun Windows masih berada dalam jarak atau radius yang dapat dijangkau. Selain itu, Google juga menjamin bahwa kualitas dari file yang dikirim ataupun diterima akan sesuai dengan kualitas aslinya, atau dengan kata lain resolusinya juga tidak akan berkurang.

Untuk soal privasi dan keamanan, kamu juga tidak perlu khawatir Jagoans. Pasalnya, pengguna Nearby Share juga dapat mengatur preferensi keamanannya dengan membatasi visibilitas perangkat, ataupun memilih untuk menerima file hanya dari kontak pengguna yang diizinkan. Jadi, tidak semua orang dapat langsung berbagi file.

Perlu diingat, Fitur Nearby Share ini hanya tersedia untuk perangkat Android 6.0 Marshmallow dan versi terbaru lainnya. Beberapa contoh dari ponsel android yang memiliki fitur Nearby Share ini yaitu Samsung A52, Oppo Reno 6, dan Samsung S20 FE. Untuk kamu yang tertarik dengan tipe Android yang telah mendukung fitur Nearby Share ini, kamu dapat langsung mengunjungi Jagofon.  

Baca juga: 5 Tips Untuk Meningkatkan Performa HP Android-mu! Ga Lemot Lagi!

Cara Transfer File dengan Nearby Share

Source : Techno.id

Mengaktifkan Nearby Share

Mengaktifkan Nearby Share juga terbilang mudah lho Jagoans. Terdapat beberapa cara untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Nearby Share ini, bergantung pada versi androidnya. Namun, pada dasarnya terdapat dua cara untuk mengaktifkan fitur Nearby Share, yaitu melalui settings atau pengaturan serta melalui aplikasi file.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Nearby Share pada ponsel Android :

  1. Melalui Settings/Pengaturan :
  • Buka aplikasi settings atau pengaturan pada ponsel Android.
  • Di menu pengaturan, pilih perangkat yang terhubung.
  • Kemudian pilih fitur preferensi koneksi.
  • Di bagian bawah layar, klik Nearby Share.
  • Aktifkan Nearby Share dengan menggeser saklar Nearby Share.

2. Melalui Aplikasi File

  • Buka Aplikasi File.
  • Jika kamu belum memiliki aplikasi file, kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui playstore pada menu utama.
  • Ketuk dan pilih menu tiga garis atau menu tiga titik yang berada di sebelah pojok kiri atas.
  • Kemudian, layar utama akan menampilkan files by Google.
  • Setealh itu, pilih pengaturan dan scroll ke bawah, kemudian pilih opsi bagikan.
  • Aktifkan dan fitur Nearby Share siap untuk digunakan.

Mengubah Visibilitas Nearby Share

Fitur untuk mengatur visibilitas sangat penting dalam mengamankan privasi pengguna, apalagi jika file atau data yang hendak dikirim bersifat pribadi. Oleh karena itu, penting untuk merubah visibilitas pada fitur Nearby Share ini agar pengguna tidak salah mengirimkan data ataupun file.

Untuk mengubah visibilitas atau untuk berbagi file atau data ke orang yang diinginkan, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Pada ponsel Android, cari menu pengaturan atau settings.
  • Kemudian, buka aplikasi pengaturan tersebut.
  • Pilih device atau perangkat yang terhubung melalui menu.
  • Pilih preferensi koneksi.
  • Ketuk preferensi Nearby Share dan pilih pengaturan visibilitas.
  • Pengguna dapat memilih opsi berbagi ke semua orang, kontak, atau hanya perangkat pengguna.

Menggunakan Nearby Share

Dengan fitur Nearby Share ini, pengguna dapat mengirim beragam jenis file, mulai dari gambar, video, dokumen, hingga tautan dengan perangkat Android maupun perangkat Windows lainnya. Untuk mengirim file melalui Nearby Share, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, pilih file yang akan dikirim menggunakan fitur Nearby Share.
  • Keduan, pilih tombol Nearby Share.
  • Kemudian pilih perangkat yang diinginkan untuk berbagi.
  • Setelah selesai ketuk berbagi data, ketuk tombol Selesai.

Menerima File Melalui Nearby Share

  • Tunggu Notifikasi Nearby Share muncul.
  • Setelah notifikasi Berbagi Langsung muncul, pilih tombol terima.
  • Tunggu proses pengirimian file.
  • Kemudian pengguna akan menerima file melalui Nearby Share.

Baca juga: Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

Gimana Jagoans? Mudah bukan cara menggunakan Nearby Share ini? Fitur  yang ada pada Android ini juga tidak kalah dari fitur AirDrop yang ada di iPhone ataupun Apple Device lainnya. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk membeli Android yang fiturnya canggih dan sama mumpuni dengan produk smartphone lainnya.

Untuk kamu yang tertarik membeli smartphone Android berkualitas dengan harga yang terjangkau, tapi bingung mau beli dimana, kamu bisa banget langsung kungjungi website Jagofon. Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas.

Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik. Jagoans tidak perlu khawatir, karena semua produk yang ditawarkan Jagofon juga sudah lolos tes 90+ titik fungsi yang pastinya terjamin lho.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon.

Selain harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang sudah terjamin, dengan membeli produk di Jagofon, kamu juga turut berkontribusi untuk mengurangi e-waste atau lembah elektronik yang ada di Indonesia. Yuk tunggu apalagi? Segera dapatkan beragam HP impianmu hanya di Jagofon!