Product

Realme 3: Inilah Spesifikasi dan Harga Terupdate 2023

Realme adalah salah satu brand HP yang terkenal dengan produk mereka yang cukup canggih dan terjangkau. Salah satu produk mereka adalah Realme 3. Yuk, simak artikel ini kalau kamu mau tahu specs dan harga Realme 3!

Kelebihan & Kekurangan Realme 3

Source: patinews.com

Bagi kamu yang mau beli Realme 3, kamu wajib tahu kelebihan dari HP dengan harga murah ini:

1. Desain yang wow

Yang membuat desain Realme 3 unik adalah desain unibody HP-nya. Karena desainnya unibody, kamu nggak akan lihat frame dan bodi yang berbeda. Frame dan body milik Realme 3 menyatu dengan sempurna sehingga kamu nggak akan melihat perbedaan apapun. Nggak usah khawatir desainnya akan mengganggumu, karena kamu masih bisa memegang Realme 3 secara nyaman dengan satu tangan berkat desainnya.

Hal lain yang menonjol dari desain Realme 3 adalah notch di tengah atas layarnya. Notch milik Realme 3 didesain dalam bentuk tetes air. Mungkin desainnya terdengar simpel, tapi begitu kamu melihatnya, kamu akan merasa takjub karena notch-nya memberi kesan simpel tapi juga mewah.

2. Kamera dengan kualitas tinggi

Kelebihan lain dari Realme 3 adalah kameranya. Kamera belakang Realme 3 memiliki 13 MP dan kamera pembantu dengan 2 MP. Kamera depannya juga memiliki 13 MP.

Sama seperti dengan handphone lainnya, kamera Realme 3 punya berbagai fitur seperti Portrait Mode, Landscape, dan Night Mode. Mereka juga punya Beauty Mode yang bisa memberi koreksi ke fotomu. Tapi, fitur yang paling memberi kesan positif adalah fitur Chroma Boost. Fitur ini bisa menyulap fotomu agar siap untuk diunduh ke media sosial. Fotonya akan menjadi lebih tajam, cerah, dan terang berkat Chroma Boost.

3. Prosesor yang kuat

Realme 3 dilengkapi dengan Helio P70. Helip P70 adalah chipset yang memiliki 8 core utama untuk mendorong performanya lebih baik.

Dan berkat 8 core utama ini lah Helio P70 berhasil memberikan performa optimal untuk Realme 3. Skor AntuTu Realme 3 adalah 136100, skor 3D Mark OpenGL ES 3.1 adalah 1214, dan skor Geekbench 4 Multi-core adalah 4950. Skor tersebut termasuk skor yang tinggi, dan hal ini cukup mengesankan mengingat bagaimana Realme 3 bukanlah HP high-end dan dijual dengan harga murah.

Kekuatan Realme 3 bukanlah teori saja. HP ini bisa memainkan berbagai game berat seperti PUBG, Mortal Kombat, dan Asphalt 9. Tapi perlu diingat bahwa game-nya dimainkan dengan pengaturan Medium atau Sedang.

Source: Bukalapak

Tentu saja, tidak ada handphone yang sempurna. Sama halnya dengan HP lain, Realme 3 punya beberapa kekurangan seperti:

1. OS yang kurang memuaskan

Meskipun Realme 3 punya chipset yang kuat, sayangnya HP-nya menggunakan software yang kurang memuaskan. Color OS 6 punya beberapa kelebihan seperti sistem untuk menghapus aplikasi dari Realme dan mode gaming yang membantumu untuk bermain dengan tenang.

Sayangnya, Color OS 6 tidak cukup fluid alias animasinya agak tersendat-sendat. Notifikasinya juga cukup memakan performa sehingga lagging ketika mereka muncul. Kadang kamu juga akan menemukan bug di UI-nya, seperti ruang kosong di antara notifikasi untuk pesan.

Meskipun Color OS 6 cukup baik, mereka punya banyak kekurangan yang bisa mengganggumu ketika kamu menggunakan Realme 3.

2. Night Mode tidak optimal

Walaupun Realme 3 memiliki banyak fitur, sayangnya tidak semua fiturnya bisa digunakan secara optimal. Salah satunya adalah Night Mode.

Night Mode digembor-gembor bisa membantu user untuk memberi pencerahan di fotonya. Tapi, realitanya, foto kamu tidak akan ada banyak perubahan. Ya, fotonya akan lebih terang sedikit, tapi fotonya masih ada kesan gelap dan suramnya sehingga tidak ada perbedaan dari foto malam biasa.

Selain Night Mode, fitur yang agak disayangkan performanya adalah Beauty Mode. ya, Beauty Mode membantumu untuk memoles fotonya, tapi tidak jarang fiturnya menghapus detail yang seharusnya dibutuhkan di fotomu.

Baca juga: Realme 5i: Cek Spesifikasi dan Harga Terbaik 2023 Disini!

Spesifikasi Realme 3

Source: gadgetren.com

Bagi kamu yang masih penasaran soal Realme 3, ini dia speks HP-nya:

Informasi Umum

Tahun

2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Ya (Dual SIM)

eSIM

Tidak

Bodi

Berat

175 gram

Dimensi

156.1 x 75.6 x 8.3 mm

Hardware

Chipset

MediaTek Helio P60

CPU

Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)

GPU

Mali-G72 MP3

Layar

Jenis

IPS LCD

Ukuran

6.22 inci

Resolusi

720 x 1520 piksel

Refresh Rate

60 Hz

Memori

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

64 GB

Memori Eksternal

Ya

Kamera

Kamera Belakang

13 MP, f/1.8

2 MP, f/2.4

Kamera Depan

13 MP, f/2.0

Koneksi

WLan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

Bluetooth

4.2, A2DP, LE

Infrared

Tidak

NFC

Tidak

Baterai

Jenis

Li-Po

Kapasitas

4,230 mAh

Fitur Lain

OS Rilis

Android 9.0 (Pie), bisa upgrade ke Android 10, Realme UI

Sensor

Sidik jari, kompas, akselerometer

Jack

3.5 mm

Warna

Hitam, Biru

Baca juga: 4 Masalah OS Android Yang Sering Terjadi

Harga Realme 3 Juni 2023

Harga Realme 3 bervariasi tergantung dengan memori yang ada.

32 GB

  • Shopee : Rp. 1,301,000
  • Tokopedia : Rp. 1,900,000
  • Blibli : Rp. 1,156,000

64 GB

  • Shopee : Rp. 1,500,000
  • Blibli : Rp. 1,599,000

Karena Realme dirilis tahun 2019, tidak banyak toko yang jual Realme 3 di marketplace sekarang. Kamu butuh waktu yang cukup lama untuk mencarinya.

Realme 3 Terjangkau & Terbaik

Source: pindahlubang.com

Kalau kamu tidak mau repot mencari Realme 3, kamu bisa beli di Jagofon. Di Jagofon, kamu bisa beli HP second atau baru sesuai yang kamu mau. Kalau kamu tidak menemukan HP idamanmu, kamu bisa menghubungi CS Jagofon dan minta mereka untuk mencari HP-nya untuk kamu.

Jagofon jual HP second yang “baru.” Hal ini karena Jagofon selalu melakukan testing di semua produknya sebelum mereka ditaruh di etalase. Jagofon selalu tes 90+ titik di setiap produknya, jadi HP second pun akan terasa baru berkat testingnya.

Kalau kamu masih ragu, ada garansi 7 hari uang dan 30 hari mesin. Kamu bisa minta refund maksimal 7 hari setelah penerimaan barang. Atau, kamu bisa minta Jagofon untuk mengurus hardware/software bermasalah maksimal 30 hari setelah kamu dapat produknya.

Selain garansi, kamu juga bisa menggunakan sistem COD. Dengan sistem ini, kamu nggak usah khawatir karena kamu tidak harus memberikan uangmu sebelum barangnya sampai.

Mau Realme 3 murah berkualitas? Atau mau HP lain yang lebih murah tapi tetep keren? Tenang saja, karena Jagofon punya semuanya. Ayo, cek semua HP di Jagofon dan dapatkan HP idamanmu!