Product

Realme C21: Spesifikasi dan Harga Terbaik Tahun 2023

Realme telah sukses merilis serangkaian handphone terjangkau dengan kualitas yang tinggi, dan salah satu dari HP tersebut adalah Realme C21. Kalau kamu mau specs Realme C21, kekurangan, kelebihan, dan harganya di pasar, yuk baca artikel di bawah ini!

Kelebihan & Kekurangan Realme C21

Source: Grid.id

Realme C21 punya kelebihan yang membuatnya sebagai HP menengah-kebawah yang cukup worth it. Berikut adalah kelebihan dari Realme C21:

1. Chipset kuat

Tidak usah khawatir soal performa Realme C21 karena handphonenya datang dengan chipset MediaTek Helio G35. Chipset ini memiliki delapan prosesor inti yang bisa memompa performa HP kamu. Jadi, jangan kaget kalau HP kamu bisa menggunakan aplikasi berat seperti game dengan mulus dan tanpa lagging.

Tetapi tentu saja, performa game-nya juga tergantung pengaturan aplikasinya. Meskipun kamu masih bisa memainkan game dengan pengaturan rata kanan (kualitas tinggi) dengan Realme C21, performa gamenya akan lebih baik apabila pengaturannya diganti dulu menjadi medium. Semuanya tergantung game yang dimainkan, jadi pastikan kamu perhatikan speks game-nya sebelum memainkannya.

2. Kamera dahsyat

Kelebihan lain dari Realme C21 adalah kameranya. HP ini memiliki triple camera dimana ada dua kamera yang mendukung kamera utama di belakang HP.

Kamera utama di belakang Realme C21 memiliki 13 megapiksel dan aperture sebesar f/2.2. Lebar ini bisa membantu kameranya untuk menangkap cahaya bahkan ketika jepretannya dihasilkan di daerah yang punya sedikit cahaya. Jadi, hasilnya pasti jelas bahkan ketika sekelilingnya terlihat redup.

Tentu saja, dua kamera lainnya digunakan untuk membantu kamera utama. Dua kamera pembantu milik Realme C21 digunakan untuk menambah eksposur dan memberikan kontras yang pas, sehingga jepretannya terlihat keren dan profesional.

3. Baterai yang kuat & reverse charging

Sama seperti kebanyakan HP sekarang, Realme C21 datang dengan 5,000 mAh. Dengan kapasitas besar seperti ini, Realme C21 bisa digunakan seharian apabila digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Apabila aplikasi berat yang digunakan lebih dari satu, baterainya bisa bertahan selama setengah atau tiga-perempat hari. Dan kalau kamu menggunakan mode siaga, HP-nya bisa bertahan selama 47 hari!

Kelebihan lain dari baterai Realme C21 adalah sistem OTG reverse charging-nya. Dengan sistem ini, kamu bisa menggunakan Realme C21 sebagai powerbank yang bisa digunakan oleh handphone lain. Tapi perlu diingat bahwa sistem reverse charging membagi daya baterainya ke dua HP, jadi jangan kaget kalau Realme C21 tidak tahan begitu lama apabila kamu menggunakan reverse charging.

Tentu saja, Realme C21 juga ada beberapa kekurangan seperti:

1. Fitur kamera kurang memuaskan

Meskipun kamera Realme C21 cukup powerful, sayangnya fitur yang ditambahkan di kamera tidak sebanding dengan kameranya sendiri. Meskipun kameranya 13 MP, resolusi dari layar dan kameranya hanya HD+.

Jadi, kamu tidak mendapatkan hasil yang optimal dari megapikselnya sendiri. Dan karena layarnya hanya HD+, aplikasi yang kamu pakai seperti game pun warnanya juga tidak akan kelihatan “wow.”

Selain itu, kamera depan Realme C21 cuma memiliki 5 megapiksel. Penurunannya sangat drastis, mengingat bagaimana kamera belakangnya punya 13 MP.  Tentu saja, karena megapiksel kamera depan cuma 5 MP, jangan berharap bahwa hasilnya sebagus jepretan kamera belakang.

2. USB dan sistem charging

Meskipun umur Realme C21 hanya 3 tahun pada tahun 2023, beberapa aspek dari HP-nya agak “kuno.” Salah satu aspek tersebut adalah USB-nya yang bukan Type-C USB. Realme C21 malah menggunakan USB MicroB, tipe USB yang sudah agak jarang dipakai sekarang.

Perlu diingat juga kalau kabel USB HP Realme sebelum Realme C21 adalah USB Type-C, jadi pergantian USB ini sangat disayangkan. Karena USB-nya cukup kuno, kamu mungkin agak kesulitan untuk mencari penggantinya kalau USB kamu rusak.

Kekurangan lain dari Realme C21 adalah sistem pengisian dayanya. HP ini tidak mendukung fast charging, jadi kamu harus menyisakan waktu yang cukup lama (Setidaknya sampai 3 jam) untuk mengisi baterai 5,000 mAh mereka sampai penuh.

Baca juga: Realme 5i: Cek Spesifikasi dan Harga Terbaik 2023 Disini!

Spesifikasi Realme C21

Source: droila.com

Kalau kamu penasaran soal speks Realme C21, berikut adalah detail HP-nya:

Informasi Umum

Tahun Rilis

2021

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Ya (Dual Sim)

eSIM

Tidak

Layar

Jenis Layar

IPS LCD

Ukuran

6.5 inci

Resolusi

720 x 1600 piksel

Refresh Rate

60 Hz

Bodi

Berat

190 gram

Dimensi

165.2 x 76.4 x 8.9 mm

Hardware

Chipset

MediaTek Helio G35

CPU

Octa-core (4x2,3 GHz Cortex-A53 & 4x1,8 GHz Cortex-A53)

GPU

PowerVR GE8320

Memori

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

32 GB, 64 GB

Memori Internal

Ya 

Kamera

Kamera Belakang

13 MP, f/2.2
2 MP, f/2.4
2 MP. f/2.4

Kamera Depan

5 MP

Fitur

HDR, panorama

Koneksi

WLan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

NFC

Tidak

Infrared

Tidak

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

GPS

A-GPS, GLONASS, BDS

Baterai

Jenis Baterai

Li-Po

Kapasitas

5,000 mAh

Fitur

Sistem pengisian baterai 10W

Fitur Lain

OS ketika dirilis

Android 10, realme UI

Jack

3.5 mm

Sensor

akselerometer, proksimitas, kompas, fingerptint

Warna

Cross Black, Cross Blue

Fitur Lain

Radio FM

Harga Realme C21 Juni 2023

Source: Gizmologi

Bagi kamu yang sudah mantap mau beli Realme C21, kamu bisa beli di marketplace di bawah ini:

32 GB

  • Tokopedia : Rp. 1,625,000
  • Shopee : Rp. 2,221,000
  • Blibli : Rp. 1,527,000
  • Lazada : Rp. 1,399,000

64GB

  • Tokopedia : Rp. 1,840,000
  • Shopee : Rp. 2,350,000
  • Blibli : Rp. 1,779,000
  • Lazada : Rp. 1,799,000

Perlu diingat bahwa tiap marketplace ada banyak toko yang menjual Realme C21, jadi harga yang ditulis bukanlah harga patokan di setiap marketplace. Dan karena ada banyak toko, kita harus memastikan bahwa toko tersebut menjual produk yang sesuai dengan deskripsinya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartphone Terbaik Tahun 2023 Versi Jagofon

Realme C21 Terjangkau & Terbaik

Bagi kalian yang nggak mau ribut melakukan riset toko, kamu bisa beli Realme C21 di Jagofon. Jagofon menjual HP baru dan second, jadi kamu bisa beli HP sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau HP yang diinginkan tidak ada, kamu bisa menghubungi CS Jagofon dan membuat order khusus dimana Jagofon akan mencari HP yang kamu request.

Meskipun Jagofon menjual produk second, kualitas produk mereka selalu mendekati produk baru. Ini semua berkat quality testing yang selalu mereka lakukan, dimana Jagofon selalu cek 90+ titik di setiap produk mereka untuk memastikan bahwa produknya bisa berfungsi dengan baik.

Jadi, kamu pasti bisa mendapatkan Realme C22 dengan harga murah dibandingkan pasar di Jagofon dengan kualitas terbaik. Yuk, beli HP Realme idamanmu sekarang di Jagofon!