Product

January 5, 2024

Review Jujur, Cek Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro Disini!

Poco X3 Pro

POCO X3 Pro, smartphone spesialisi yang mengedepankan performa ini dirilis oleh Xiaomi pada 20 April 2021. Ya, jika kamu mendengar ponsel keluarga POCO, pasti berekspektasi mendapatkan sebuah ponsel flagship killer mumpuni yang bikin kantong irit.

Sementara itu, untuk memaksakan performa yang outstanding, ada beberapa sektor yang tidak terlalu penting dihilangkan dari HP POCO. Kemudian demi mewujudkan ambisi Xiaomi yang ingin melahirkan ponsel kelas menengah yang memiliki performa setara dengan HP flagship terhalang oleh produsen chipset yang membuat jarak performa kelas mid dan high-end yang terlampau jauh.

Hal ini bisa digambarkan dari chipset mid, yakni Snapdragon 732G yang dirilis pada tahun 2020, performanya masih belum bisa mengalahkan chipset Snapdragon 845 yang notabene dirilis pada tahun 2017.

Solusinya, Qualcomm memproduksi chipset Snapdragon 860 yang sebenarnya sebuah chipset high-end keluaran lama, yakni Snapdragon 855+ yang dirilis pada tahu 2019 yang dibuat ulang pada tahun 2021 dan dicoba disematkan ke dalam POCO X3 Pro.

Nah, Jagoans penasaran kan seberapa powerfulnya POCO X3 Pro? Dan apakah sekarang masih bisa melibas game-game berat? Yuk kita simak beberapa ulasan spesifikasi ponsel pintar ini di bawah.

Kelebihan Poco X3 Pro

Sebelum kamu checkout POCO X3 Pro di Jagofon, alangkah baiknya kamu perhatikan beberapa kelebihan ponsel ini. Yuk kita simak beberapa kelebihan yang mungkin akan semakin meyakinkan kamu untuk checkout ponsel pintar ini.

Prosesor POCO X3 Pro yang Tangguh

Image Source: po.co.id

Sesuai dengan tag-line pada gambar di atas, Prosesor Flagship Terdepan di Tahun 2021, POCO X3 Pro menghadirkan chipset Qualcomm Snapdragon 860 sebagai dapur pacunya yang termasuk ke dalam seri tertinggi dari chipset Snapdragon.

SoC ini memiliki prosesor Octa-core dengan fabrikasi 7nm. Prosesornya sendiri dibagi menjadi 3 cluster, 1 core performa Kryo 485 Prime dengan clockspeed 2,96 GHz, 3 core medium Kryo 485 Gold dengan clockspeed 2,42 GHz, dan 4 core hemat daya Kryo 485 Silver dengan clockspeed 1,78 GHz. SoC ini juge memiliki GPU Adreno 640 675 MHz sebagai dukungan pengolahan grafisnya.

Sementara itu, POCO X3 Pro dibekali pilihan RAM 6GB dan 8 GB (LPDDR4X) serta pilihan memori internal di 128 GB dan 256 GB UFS 3.1.

Nah, sekarang saatnya bragging skor dari beberapa hasil pengetesan performa yang dilakukan di berbagai aplikasi. Apakah POCO X3 Pro outperform ponsel kelas mid-range lainnya? yuk kita simak hasilnya.

Untuk pengetesan menggunakan AnTuTu 8, POCO X3 Pro mendapatkan skor 453.223. Skor ini jauh meninggalkan Samsung Galaxy A52 yang hanya mencetak skor 261.282. Skor POCO X3 Pro juga masuk ke dalam jajaran ponsel flagship yang mayoritas berada di rentang skor 500 ribu-an.

Kemudian beralih ke aplikasi Geekbench 5 untuk mengetes sektor single-core dan multi-core nya. POCO X3 Pro meraih skor 735 untuk kemampuan single-core dan meraih skor 2574 untuk kemampuan milti-core nya. Lagi-lagi ponsel ini meninggalkan ponsel mid-range lain seperti POCO X3 NFC dengan cukup jauh dengan skor singl-ecore 568 dan skor multi-core 1777.

Sementara itu, untuk pengetesan pemrosesan grafisnya dilakukan menggunakan GFX Manhattan ES 3.1 dan hasilnya POCO X3 Pro mampu memroses rendering hingga 67 fps. Kemudian ketikan dilakukan tes di GFX Car Chase ES 3.1, ponsel pintar ini mampu memroses sampai dengan 38 fps.

Kemudian untuk kestabilan kinerja, GSMArena melakukan tes dengan menggunakan aplikasi 3D Mark Wild Life Stress Test yang menghasilkan kinerja yang sangat stabil di angka 97%!

Kinerja POCO X3 Pro yang powerful dan stabil ini tak lepas dari penambahan hardware vapor chamber dengan fitur Teknologi LiquidCool 1.0 Plus yang bisa mengantisipasi panas yang berlebih yang dikeluarkan HP saat melakukan pemrosesan data yang besar.

Untuk pemakaian berat seperti bermain game dengan setting grafis tinggi di Injustice 2 dan CoD Mobile, POCO X3 Pro bisa melibas game tersebut tanpa lag atau stutter. Namun jika kamu ingin memainkan game dengan grafis sangat tinggi seperti Genshin Impact, kamu harus menyesuaikan settingan grafisnya ke level medium supaya mendapatkan performa yang lancar.

Kamera dengan Sensor Lengkap

Image Source: po.co.id

POCO X3 Pro memiliki 4 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 48MP f/1.8 dengan sensor Sony IMX582, 8MP f/2.2 kamera ultrawide dengan sudut pandang 119˚, dan kamera macro dan depth masing-masing 2MP dengan bukaan f/2.4. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 20 MP f/2.2, (wide) dan memiliki fitur HDR dan panorama.

Salah satu sektor yang dikorbankan POCO X3 Pro untuk meraih performa yang andal adalah sektor kameranya. Pasalnya konfigurasi di atas mengalami penurunan dari seri sebelumnya yakni POCO X3 NFC yang memiliki konfigurasi kamera utama 64MP, dan kamera ultrawide 13MP.

Namun jika dilihat dengan kasat mata dan mendapat pencahayaan yang pas, kamu akan mendapat hasil jepretan yang proper di kelasnya. Hal ini sudah dicoba oleh para reviewer luar dengan beberapa contoh hasil jepretan sebagai berikut.

Hasil Kamera Utama (Mode 12 MP) - Image Source: GSMArena 
Hasil Kamera Ultrawide - Image Source: Tech Radar/Srivatsa Ramesh
Hasil Kamera Makro - Image Source: Tech Radar/Srivatsa Ramesh

Layar dan Bodi Kokoh

Image Source: po.co.id

POCO X3 Pro hadir dengan dimensi bodi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm dengan berat 215 gram. Build quality nya tergolong bagus walau bahan utama rangka dan cover belakangnya terbuat dari material plastik. Jika dilihat lagi, desain dan tampilan bodinya sama dengan pendahulunya, yakni POCO X3 NFC.

Untuk sensasi menggenggam, ponsel ini terasa nyaman dan memiliki daya cengkram yang lumayan kuat. Hal ini dibuktikan dengan desain rangka yang melengkung dan desain tutupan belakang yang dipoles warna tone matte di bagian sisi dan warna tone glossy di bagian tengah yang memudahkan kamu untuk menggenggam ponsel ini dan mencegahnya untuk tidak tergelincir.

Sementara itu, di bagian depannya dilindungi oleh kaca dengan teknologi Corning Gorilla Glass 6 yang memiliki ketahanan saat dijatuhkan di atas 1 meter di permukaan yang tidak rata.

Beralih ke fitur display, POCO X3 Pro dibekali layar dengan panel IPS LCD berukuran 6,67 inchi dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 pixel) dengan rasio 20:9, refresh rate 120Hz, dan memiliki kerapatan pixel 395 ppi.

Walaupun hanya menggunakan panel IPS LCD, tampilan layar POCO X3Pro sudah sangat nyaman untuk menemani kamu bermain game dan menonton video. Fitur pendukung lain yang membuat nyaman yaitu touch sampling yang tinggi di 240Hz untuk bermain game dan fitur Widevine L1 dan HDR 10 yang bisa kamu gunakan untuk menonton film dengan kualitas HD.

Baterai Bertenaga dan Penyimpanan Besar

Image Source: po.co.id

Performa yang mumpuni harus sebanding dengan daya baterai yang mumpuni juga. Dua faktor ini harus saling mendukung agar tidak tercipta gadget yang nanggung. Oleh karena itu, POCO X3 Pro dibekali daya baterai jumbo di 2160 mAh. Dengan daya sebesar ini, ponsel ini mampu menemani kamu seharian, baik dalam penggunaan wajar, maupun dalam keadaan sedang diforsir saat push rank.

Ketahanan baterai POCO X3 Pro mendapatkan rating ketahanan di 112 jam saat dites oleh GSMArena. Jika dijabarkan, ponsel ini bisa bertahan selama 32 jam 44 menit untuk menelpon, 17 jam 30 menit untuk berselancar di web, dan 11 jam 49 menit untuk menonton video. Ponsel ini juga didukung fitur pengisian cepat 33w yang bisa mengisi ulang daya baterai dari 0 hingga 100% dalam 59 menit.

Speaker dan Konektivitas Mumpuni

Image Source: po.co.id

Untuk mendukung pengalaman asik kamu saat bermain game, POCO X3 Pro dibekali dengan audio stereo. Dengan ini kamu bisa menikmati suara yang cukup keras dan lantang. Kemudian ponsel ini juga masih menghadirkan audio jack 3,5 mm yang sekarang sudah jarang ditemui di ponsel-ponsel kekinian.

Sementara itu, POCO X3 Pro belum didukung jaringan 5G yang mana memang chipset bawaan nya belum menanamkan modul 5G. Sebagai gantinya, ponsel ini menghadirkan sensor NFC yang mana lebih fungsional untuk kebutuhan sehari-hari kamu.

Baca juga: Penasaran? Ini Perbandingan Poco X3 Pro dan X3 GT

Kekurangan Poco X3 Pro

Nah, sekarang kita akan membahas beberapa kekurangan yang ada di ponsel POCO X3 Pro. Yuk kita simak apa saja kekurangannya di bawah.

Besar dan Berat

Image Source: po.co.id

Dengan dimensi bodi yang sudah dijabarkan di penjelasan di atas, dan dengan berat serta lebarnya layar yang disuguhkan POCO X3 Pro, memang kurang nyaman jika digenggam dengan satu tangan. Apalagi jika kamu memiliki tangan yang tergolong kecil, pasti akan sedikit kesusahan saat menggunakan satu tangan. Alih-alih praktis, ponsel kamu akan jatuh saat menggenggamnya.

Fitur Layar Kurang Optimal

Image Source: po.co.id

Alih-alih menggunakan panel AMOLED, POCO X3 Pro memutuskan untuk menyematkan panel IPS LCD untuk layarnya. Namun jika perusahaan memaksa menggunakan panel AMOLED, kemungkinan biaya produksinya akan membengkak dan akan menambah harga jualnya.

Kurang User-Friendly

Image Source: GSMArena

Salah satu kekurangan dari POCO X3 Pro adalah manajemen dari MIUI 12 di sektor pengelolaan daya. Sebenarnya maksud dari pengelolaan daya ini bagus, kamu akan menambah daya baterai lebih lama saat menggunakan ponsel ini. Namun ponsel ini belum bisa memilah secara otomatis mana aplikasi yang harus menjadi prioritas untuk mendapat akses notifikasi.

Sebagai contoh, saat kamu harusnya mendapat chat WhatsApp secara real-time, namun pemberitahuan yang masuk ke ponsel kamu mengalami delay beberapa waktu karena sistem operasi mendeteksi akan adanya pemborosan daya saat notifikasi dari WhatsApp tersebut masuk secara cepat.

Sementara itu, solusi yang untuk menyelesaikan masalah ini adalah hanya dengan menyetel satu demi satu aplikasi untuk menjadi prioritas sehingga tidak ada batasan untuk sistem mencegah semua pemberitahuan yang masuk dengan segera.

Baca juga: Inilah Perbedaan Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC

Cek Poco X3 Pro di Jagofon!

Nah, bagaimana Jagoans, sudah sangat yakin untuk checkout? dengan harga POCO X3 Pro yang sekarang di sekitar 3 jutaan di Jagofon, pasti sangat best-deal buat kamu yang mau upgrade ke HP yang memiliki performa yang unggul.

Jagofon sebagai spesialis gadget/HP bekas menyediakan berbagai jenis gadget/HP impianmu. Dengan segala ketelitian, Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Cukup checkout HP/gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Share on: