Comparison

Samsung Galaxy A20 VS Oppo F11, Mana yang Lebih Baik Untukmu?

Dua HP Android ini dirilis di tahun 2019. Secara harga, Samsung Galaxy A20 ataupun Oppo F11 memang sangat terjangkau dan punya range harga yang mirip-mirip. Jagofon memilih dua HP ini sebagai pilihan terbaik untuk Jagoan yang mau mencari HP di tahun 2022 dengan harga miring, namun sudah sangat mumpuni untuk pemakaian sehari-hari. Yuk simak!

Desain

Samsung Galaxy A20

Memiliki desain yang langsing dan cantik, Samsung Galaxy A20 cocok buat kamu yang nggak suka menggenggam HP besar. Sangat praktis dengan tiga pilihan warna : Black, Green, dan Deep Blue yang elegan. Perlu diingat, dengan harga yang cukup rendah Samsung Galaxy A20 hanya terbuat dari bahan plastik untuk bagian belakangnya.

Lebih detail ke bagian belakang, Samsung Galaxy A20 dilengkapi modul kamera yang terletak di kiri atas HP serta sensor sidik jari di atas logo Samsung pada bagian tengah. HP ini juga sudah dilengkapi dengan port USB-C serta audio jack, lho.

Layar Samsung Galaxy A20 sudah cukup terdepan dengan corning gorilla glass dan sudah memakai OLED & AMOLED display. Seperti HP harga terjangkau pada umumnya, layar HP ini tidak full dan masih memiliki 'dagu' di bagian bawahnya. Di atasnya, Samsung A20 dihiasi oleh notch water drop yang menyimpan kamera depan.

Oppo F11 / F11 Pro

Dipuji oleh banyak reviewer karena kualitas kameranya yang mumpuni, desain kamera depan Oppo F11 Pro dilengkapi dengan motor penggerak sehingga menjadi pop up camera ketika pengguna memakai kamera selfie. Sedangkan di Oppo F11, kamera selfie terletak di layar depan dengan notch water drop.

Selebihnya, bahan dan tampilan Oppo F11 tidak beda jauh dengan Samsung Galaxy A20. Tidak full-screen dan juga tidak dilengkapi AMOLED display. Dari segi dimensi, Oppo F11 lebih besar dan berat dibanding Samsung A20. Warna yang ditawarkan juga cukup mewah seperti Flourite Purple, Marble Green dan Jewelry White.

Performa

Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A20 memakai chipset bernama Exynos 7884. Tidak cepat namun juga tidak ada lambat . Untuk pemakaian yang moderat Samsung Galaxy A20 tidak mengalami lag yang parah. Yang mengejutkan juga, HP ini masih oke untuk dipakai gaming walau grafiknya tidak akan semulus series HP di atasnya. Untuk aplikasi umum seperti chating dan sosial media, Samsung Galaxy A20 juga tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Oppo F11 / F11 Pro

Oppo F11 memakai chipset Mediatek Helio P70, lebih cepat dari segi kinerja CPU, lebih cepat juga dalam memproses gambar daripada Samsung Galaxy A20. Dari segi RAM pun, Oppo F11 memiliki kapasitas 6GB sedangkan Samsung Galaxy A20 hanya 3GB, besarnya RAM ini dapat memengaruhi cepatnya pemrosesan data juga. Untuk bermain game seperti PUBG atau AOV, Oppo F11 masih menunjukan performa yang bagus walaupun kualitas grafiknya pasti menjadi turun.

Baca juga:

Samsung Galaxy Ultra: Tetap Prima walau Termakan Usia

Kamera

Samsung Galaxy A20

Sumber: gadgetren.com
Sumber: gagdetren.com

Kamera utama Samsung Galaxy A20 beresolusi 13MP dan 5MP dengan sensor ultra-wide, HDR, panorama, mode PRO dan fokus live untuk mengatur efek blur untuk latar belakang foto secara manual.

Kamera depan dilengkapi dengan 8MP serta fitur mode fokus live dan beauty. Hasil kedua kamera tergolong baik di kelasnya, namun jika fokus live dipakai dalam kondisi minim cahaya, efek blurnya akan meleset.

Oppo F11 / F11 Pro

Sumber: liputan6.com
Sumber: liputan6.com

Oppo F11 dilengkapi dual kamera 48MP dan 5MP (depth sensor) serta kamera selfie 25MP.  Nilai tambahnya, Oppo F11 atau Oppo F11 Pro punya fitur ultra night mode yang menghasilkan gambar lebih terang dan minim noise dalam kondisi minim cahaya.

Mode Chroma Boost di HP ini juga menghasilkan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang dengan algoritma AI. Teknologi AI ini juga berperan baik pada kamera selfie sehingga menghasilkan efek bokeh yang cukup natural.

Baterai

Samsung Galaxy A20

Baterai dari Samsung A20 mempunyai daya 4000mAh. Salah satu reviewer sempat menjalankan tes baterai dan hasilnya Samsung Galaxy A20 dapat bertahan selama 11 jam 32 menit dengan mode pesawat dan kecerahan layar 50%. Membutuhkan waktu 1 jam 47 menit untuk mengisi baterai 100% karena HP ini juga sudah dilengkapi dengan 15W fast charging.

Oppo F11

Oppo F11 dilengkapi dengan baterai berkekuatan 4020mAh dan HP ini masih mampu menyisakan baterai 20% saat dipakai seharian dengan pemakaian moderat. Oppo F11 juga dilengkapi dengan fitur VOOC 3.0 Flash Charging yang mampu mengisi daya baterai 100% dengan waktu 80 menit saja.

Baca juga:

3 Rekomendasi Macbook untuk Mahasiswa dan Pelajar

Kelebihan Samsung Galaxy A20

  • Layar lebih tangguh
  • Sudah ada NFC
  • Tersemat OLED dan AMOLED display
  • Sudah USB type-C
  • Lebih praktis dan langsing dari segi ukuran

Kelebihan Oppo F11

  • Memori internal dan RAM yang lebih besar
  • Chipset lebih cepat dan tangguh
  • Kamera beresolusi tinggi

Rekomendasi Jagofon

Kedua HP ini diperuntukkan bagi pengguna moderat dengan tingkat pemakaian HP dari ringan ke sedang. Jika kamu membutuhkan HP untuk bekerja dengan memakai beberapa aplikasi seperti PDF Reader, Whatsapp dan beberapa Office Apps, kedua HP ini sudah cukup bagus, kok.

Jika saja Oppo F11 sudah disematkan oleh fitur NFC seperti Samsung A20, akan jadi sempurna rasanya. Namun terlepas dari fitur tersebut, sebenarnya Oppo F11 sudah jadi paket lengkap bagi kamu yang menginginkan HP cepat, kamera baik dengan harga terjangkau.

Oppo F11 atau Samsung Galaxy A20 yang ada di Jagofon sudah terjamin kualitas dan keasliannya. Sebagai spesialis gadget second, Jagofon selalu menjalani uji kelayakan di tiap produk dan memastikan semuanya berfungsi 100%. Oppo F11 atau Samsung A20 dari Jagofon juga sudah dilengkapi dengan garansi. Jika kamu menginginkan HP terjangkau yang sama kualitasnya dengan yang baru, kamu bisa cek semuanya di Jagofon.