JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Tes Kelayakan Poco X3 NFC di Maret 2024

Poco X3 NFC, si HP paling value for money ini hadir di pasar ponsel Indonesia sejak tahun 2020. Bagaimana tidak, POCO selalu menghadirkan kualitas yang mumpuni dengan harga yang tidak menguras kantong kamu.

Ponsel yang memiliki beberapa keunggulan di bidang chipset, fitur layar, baterai, dan konektivitas yang lengkap ini mampu membantu kebutuhan produktivitas dan hiburan kamu menjadi lebih menyenangkan.

Ponsel yang memiliki harga di 2 jutaan ini memang memiliki segudang kelebihan, namun apakah di tahun 2024 ponsel ini masih layak untuk dipakai? atau ada penurunan performa sehingga kamu harus beralih ke HP yang lain?

Oleh karena itu, yuk kita simak tes kelayakan Poco X3 NFC di Maret 2024 berikut.

Baca juga: Inilah 5 Fitur-fitur Unggulan Poco X3 Pro

Performa

Image Source: po.co.id

Tak ada sejarahnya POCO mengecewakan fans nya mengenai performa yang disuguhkan. Termasuk Poco X3 NFC yang dimodali dapur pacu Snapdragon 732G untuk menggempur performanya.

SoC besutan Qualcomm sendiri ini memiliki prosesor 8 inti alias octa-core yang memiliki 2 inti performa 2.3 GHz Kryo 470 Gold dan 6 inti irit daya 1.8 GHz Kryo 470 Silver. Dengan bantuan GPU Adreno 618, ponsel ini menjadi alat untuk bermain game dengan nyaman.

Sementara itu kapasitas memori mumpuni di pilihan RAM 6 GB/8 GB LPDDR4X serta storage dengan kapasitas 64 GB atau 128 GB UFS 2.1 mampu mempermulus transisi perpindahan antar aplikasi atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Hasil pengetesan performa melalui AnTuTu v8 menunjukkan bahwa HP ini mampu menjalankan game kualitas menengah dengan lancar dengan tampilan skor sebesar 283.750.

Menurut kanal Youtube Steff Tech yang mencoba kembali Poco X3 NFC setelah sekian lama, performa gaming nya masih sangat nyaman. Ketika dites memainkan game berat, yakni Honkai: Star Rail, ponsel ini bisa menjalankannya di settingan low di 60fps dengan nyaman dan lancar.

Walaupun outputnya tidak sampai 60fps, performanya masih bisa diandalkan untuk mengangkat game berat. Tingkat stuttering nya pun masih dirasa minim, frame drop rate nya di beberapa waktu tidak terasa mengganggu, serta CPU throttling nya bisa di handle dengan baik oleh Snapdragon dan sistem pendingin LiquidCool 1.0 Plus yang mampu mengalirkan panas dengan cepat.

Selain itu, dengan dukungan layar yang lega memiliki dan memiliki fitur frame rate yang berada di 120Hz, pengalaman bermain game kamu akan semakin epik dan nyaman tentunya.

Nah, jika bermain berat saja bisa dibilang nyaman, untuk pemakaian bermain game ringan dan menengah seperti MLBB, PUBG Mobile, Marvel Snap, atau Pokemon Unite, dirasa Poco X3 NFC bisa menyuguhkan performa yang andal.

Jika kamu memutuskan untuk beli Poco X3 NFC di tahun 2024, kamu masih bisa terpuaskan dengan kemampuan performanya.

Kamera

Image Source: po.co.id

Poco X3 NFC dibekali 4 kamera belakang dan 1 kamera depan yang mampu menghasilkan foto yang tergolong apik di kelasnya. Kamera utamanya mengandalkan sensor Sony IMX682 64MP sebesar 1/1.73 inci dengan aperture f/1.9 dan mampu menghasilkan ukuran pixel 0.8µm.

Kemudian ada kamera untrawide 12MP (f/2.2) dengan menyuguhkan field of view sampai dengan 119˚. Lalu ada kamera macro dan sensor depth yang memiliki resolusi 2MP (f/2.4). Kemudian di sisi depannya ada kamera selfie berkekuatan 20MP (f/2.2) yang sudah di support fitur HDR dan panorama.

Untuk kualitas perekaman videonya, Poco X3 NFC mampu menghasilkan video dengan kualitas hingga 4K di 30fps, 1080p di 30/120fps, atau 720p di 960fps dengan fitur gyro-EIS untuk menjaga kestabilan gambar. Sementara kamera depannya hanya mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080p di 30fps.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Poco X3 NFC.

Hasil Kamera Utama Poco X3 NFC
Hasil Kamera Utama Poco X3 NFC | Image Source: Youtube/Steff Tech
Hasil Kamera Ultrawide Poco X3 NFC
Hasil Kamera Ultrawide Poco X3 NFC

Menilai dari hasil jepretan kamera Poco X3 NFC yang didapatkan dari kanal Youtube Steff Tech, menunjukkan bahwa gambarnya bagus dan memiliki detail yang lumayan tajam. Dynamic range nya juga cukup luas pada kamera utamanya dan menyuguhkan warna yang natural. Selama kamera mendapatkan cahaya yang cukup, ponsel ini mampu menyuguhkan hasil yang cukup menawan.

Jika kamu pecinta fotografi dan mempertimbangkan untuk beli Poco X3 NFC, kamu tidak akan dikecewakan dengan hasil kamera nya.

Baterai

Image Source: po.co.id

Kapasitas baterai mumpuni dengan kapasitas 5160 mAh membuat Poco X3 NFC lebih unggul dengan ponsel lain sekelasnya. Walaupun refresh rate yang disuguhkan memiliki kecepatan pada 120Hz, dengan bantuan chipset yang unggul, ponsel ini mampu menyesuaikan porsi yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Hasilnya ponsel ini mampu mengelola daya dengan baik dan bisa bertahan seharian bahkan sampai 2 hari.

Melansir dari lctfix.net yang melakukan pengetesan daya tahan baterai saat digunakan bermain game PUBG Mobile, kapasitas baterai hanya berkurang sebanyak 5% saat dimainkan selama 17 menitan.

Sementara itu merujuk dari hasil pengetesan oleh GSMArena, ponsel ini mendapatkan skor endurance rating 125 jam. Secara detail, ponsel ini mampu bertahan selama 33 jam saat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, 17 jam lebih saat berselancar dunia maya atau browsing internet, atau memutar video offline selama 14 jam tanpa henti.

Kemudian merujuk pada Steff Tech yang menggunakan kembali Poco X3 NFC, kapasitas baterai memang menurun kualitasnya. Hal ini sangat wajar mengingat HP ini sudah berumur 4 tahun. Namun secara mengejutkan baterainya masih bisa bertahan seharian dari yang sebelumnya bisa bertahan sampai 2 hari.

Oleh karena itu jika kamu masih ingin beli Poco X3 NFC, ponsel ini masih layak untuk dibeli karena masih bisa menemani kamu seharian.

Sementara itu, untuk kemampuan pengisian daya nya, ponsel ini memiliki teknologi pengisian daya cepat 33W yang mampu mengisi daya baterai dai 0 sampai 100% sekitar 75-80 menitan.

Konektivitas

Image Source: po.co.id

Sesuai dengan namanya, ponsel ini dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication). NFC sendiri memiliki keunggulan dalam mentransfer data secara nirkabel. Secara umum fitur ini berguna untuk mengecek saldo dan sekaligus bisa mengisi saldo eMoney, Flash, atau eToll kamu. Poco sendiri mengklaim bahwa fitur NFC pada ponsel ini lebih cepat 33% daripada ponsel lain.

Kemudian Poco X3 NFC juga dibekali dengan modem WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.1, Infra Red Blaster, FM radio, dan masih menyematkan jack audio 3,5 mm.

Kemudian untuk kelengkapan sensornya, ponsel ini juga memiliki sensor fingerprint (di tombol power), accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sementara itu fitur yang tak kalah pentingnya adalah Poco X3 NFC sudah disertifikasi IP53 yang tahan dari percikan air.

Dengan harga jual Poco X3 NFC yang berada di kisaran 2 jutaan dan memiliki konektivitas dan sensor yang lengkap, dirasa masih layak untuk kamu beli di tahun 2024.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Jajaran HP POCO Disini!

Cek Poco X3 NFC di Jagofon!

Kesimpulannya adalah Poco X3 NFC masih layak untuk kamu beli di Jagofon. Dengan gabungan performa yang stabil, kamera yang mumpuni dan konektivitas yang lengkap, ponsel ini bisa merajai HP bekas di kelas harga 2 jutaan.

Buat kamu yang sudah mantap untuk beli Poco X3 NFC dan sudah menyiapkan dananya, kamu bisa langsung cek website Jagofon untuk checkout barangnya!

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP nya punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.