JagoHacks

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu!

Setiap tahunnya, Google mengadakan gelaran Google I/O untuk membagikan hasil penelitian dan pengembangan yang memutakhirkan sebuah sistem operasi ponsel Android agar bisa menambah kualitas hidup kamu.

Seperti yang diketahui selama ini, untuk menjalankan sebuah program pada HP Android dibutuhkan sebuah sistem operasi atau biasa disingkat OS. Pada 4 Oktober 2023, dalam gelaran Google Made by You, pihak Google memperkenalkan sistem operasi Android 14 yang memiliki beberapa fitur lebih unggul dari versi Android 13.

Google menyebutkan bahwa pada OS versi terbarunya berfokus dalam pengembangan personalisasi dan keamanan. Selain itu masih banyak fitur yang bisa kamu explore. Oleh karena itu, berikut beberapa tips Android 14 untuk memudahkan hidup kamu.

Baca juga: 5 Tips Untuk Meningkatkan Performa HP Android-mu! Ga Lemot Lagi!

Wallpaper Berbasis AI

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: Business Insider

Keberadaan Articial Inteligent alias AI sangat populer saat ini. Bahkan produk Samsung Galaxy S24 Series memperkenalkan beberapa fitur berbasis AI untuk disematkan ke dalam sistem operasinya. Hal ini juga dimanfaatkan Google untuk memudahkan kamu dalam memilin wallpaper untuk HP kamu dengan menghadirkan AI di Android 14 di HP Samsung kamu.

Dengan dibantunya keberadaan AI, kamu dapat menampilkan wallpaper yang unik sesuai dengan preferensi dan keinginan kamu, sehingga dapat menghasilkan sebuah wallpaper yang unik tanpa khawatir akan sama dengan pengguna lain.

Magic Compose

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: Android Central

Terkadang kamu bingung membalas pesan atau merespons atasan dengan cara seperti apa di aplikasi chat atau email. Dengan hadirnya AI Magic Compose di Android 14, kamu tidak akan bingung lagi untuk membalasnya.

Dengan fitur ini, kamu akan disediakan beberapa pilihan auto generate membalas pesan dengan pas. Kamu juga bisa menyesuaikan beberapa rekomendasi balasan apa yang pas dan bisa menyesuaikan dengan situasi dan kepada siapa balasan tersebut ditujukan.

Lockscreen dengan Tampilan Sendiri

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: TechCrunch

Seperti yang diutarakan Google, fokus pembaruan OS Android 14 berada pada personalisasi. Hal ini termasuk kebebasan untuk menampilkan Lock Screen HP Oppo kamu seperti apa yang kamu inginkan. Di dalamnya terdapat pilihan menambahkan sebuah jam dan mampu mengubah font, warna, dan ukurannya.

Selain itu, untuk memudahkan hidup kamu, pada HP Oppo terdapat pilihan memasukkan pintasan alias shortcut beberapa aplikasi ke bagian Lock Screen. Kamu bisa menambahkan aplikasi yang sekiranya kamu sering gunakan untuk ditaruh pada lock screen sehingga bisa mempercepat proses membuka aplikasi tersebut.

Find My Device yang Update

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: droid.news

Fitur Find My Device sangat berguna untuk melacak HP kamu jika hilang atau kamu lupa menaruhnya dimana. Pada update Android 14 ini, Google memutakhirkan fungsi dari fitur ini secara lebih luas.

Kini, fitur Find My Device memungkinkan kamu untuk melacak perangkat lain seperti earbuds, headphone, atau tablet dengan menyambungkan koneksi Bluetooth ke perangkat tersebut. Kemudian salah satu fitur yang bisa memudahkan hidup kamu selanjutnya adalah kemampuan fitur ini untuk memberi tahu jika ada perangkat lain yang sedang melacak perangkat kamu.

Koneksi Satelit

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: IDN Citizen

Biasanya, sinyal atau jaringan yang kamu dapatkan untuk HP kamu bergantung pada tower pemancar yang dimiliki provider tertentu. Hal ini tentu akan menyulitkan Jagoans para pengguna Vivo saat berada di daerah yang terpencil karena minimnya tower pemancar tersebut.

Fitur koneksi satelit menjadi salah satu solusi untuk memecahkan kasus minimnya sinyal di daerah terpencil. Walaupun kamu berada pada posisi yang lumayan terpencil, kamu tidak akan khawatir kehilangan sinyal dengan memanfaatkan fitur koneksi satelit ini.

Gestur Navigasi Baru

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto

Navigasi pada HP Android semakin berkembang dari menyematkan tombol fisik sampai bisa nyana menggunakan gestur. Pada update Android 14 Samsung, fitur ini mendapat pembaruan dengan menambahkan beberapa fitur yang akan memudahkan hidup kamu.

Alih-alih menampilkan icon navigasi seperti home, recent apps, dan back, kamu bisa menghilangkannya dan mengganti dengan beberapa gestur dengan fungsi yang sama.

Contoh untuk menuju home, kamu hanya perlu mengusap bagian bawah HP sampai ke bagian tengah, kemudian untuk memunculkan recent apps, kamu hanya perlu mengusap bagian bawah HP kamu dan sedikit di tahan di bagian tengah. Untuk memindahkan aplikasi yang satu ke yang lain, kamu hanya perlu mengusap bagian bawah HP kamu ke kiri atau ke kanan.

Sedangkan untuk kembali ke halaman sebelumnya kamu hanya perlu mengusap bagian kanan atau kiri HP ke bagian tengah HP kamu.

Kualitas Foto dan Video

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: smartdroid.de

Dalam pengembangan sistem operasinya, Android 14 diperkaya dengan pilihan untuk menampilkan foto dan video berkualitas HDR atau Ultra HDR. Dengan didukungnya fitur ini, gambar atau video yang kamu hasilkan memiliki kualitas warna yang lebih cerah, detail yang lebih tajam, dan kemampuan menampilkan bayangan yang lebih kontras.

Sejauh ini, beberapa ponsel sudah memiliki kualitas HDR atau bahkan Ultra HDR yang dimiliki Samsung, Oppo, atau Xiaomi. Kamu bisa mencari ponsel dengan kualitas gambar yang canggih hanya dengan mengunjungi website Jagofon. Jagofon menyediakan berbagai macam produk bekas berkualitas dan memiliki garansi uang kembali. Jika kamu ingin beli HP bekas yang aman dan terpercaya, cuma di Jagofon tempatnya.

Spam Notifikasi Hilang

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: Android Developers

Terganggu dengan notifikasi yang bermunculan dari berbagai aplikasi Android? Dalam update Android 14, kamu bisa mengatur masuknya notifikasi ke dalam HP kamu. Fitur ini dijamin akan meningkatkan kualitas hidup kamu jadi lebih baik karena kemudahan yang dihadirkan Android 14.

Notifikasi yang masuk pada beberapa aplikasi bisa kamu matikan atau kamu senyapkan suaranya. Secara umum, kamu hanya perlu mengaturnya pada menu Settings > Notifications > App Notifications. Kemudian kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang mau atur notifikasinya. Setelah selesai mengatur, aplikasi penyumbang spam notifikasi akan hilang dan dijamin akan menambah kualitas hidup kamu.

Baca juga: Tips Cara Cek HP Samsung Sebelum Beli Second

Tambahan Alat Bantu Dengar

Tips Android 14 untuk Memudahkan Hidup Kamu! - Jagofon
Image Source: medcom.id

Google memerhatikan bagi para pengguna yang berkebutuhan khusus. Dengan pembaruan Android 14, google menambah fitur alat bantu dengar ke dalam sistem operasi terbarunya.

Alat bantu dengar bisa kamu sambungkan melalui HP Samsung kamu sehingga audio yang ada di HP kamu akan terdengar bagi yang berkebutuhan khusus. Kamu juga akan dimudahkan dengan cara menyambungkannya, serta kamu bisa membuat shortcut untuk memudahkan menyambungkannya kembali.

Jika kamu mencari HP Samsung yang support Android 14 yang memiliki fitur hearing aid, kamu bisa menemukannya di Jagofon! Jagofon sebagai spesialis gadget/HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!