Comparison

Inilah Bocoran Fitur Baru iOS 17, Beda Jauh dengan iOS 16?

iOS adalah sistem operasi yang dirancang oleh Apple khusus untuk iPhone. Sistem iOS yang diperbarui ini biasanya ditunggu-tunggu oleh para pengguna.

Sistem operasi untuk masing-masing perangkat mempunyai nama yang berbeda, contohnya macOS untuk Macbook, iPadOS untuk iPad, dan lainnya.

Sedangkan handphone merek lain menggunakan sistem operasi Android dan laptop merek lain menggunakan sistem Windows atau Linux.

Saat ini, iOS terakhir yang dirilis pada iPhone adalah iOS 16. Namun, ada informasi mengenai iOS 17 yang akan digunakan oleh iPhone 15 telah bocor.

Mungkin bagi para pengguna biasa, fitur iOS 17 tidak akan jauh beda dengan iOS 16. Namun untuk fans produk Apple, perbedaan sistem operasi pada iPhone sangat dinanti-nantikan, membuat mereka tidak sabar untuk menggunakannya.

Secara awam, perbedaannya terlihat sedikit dan tidak signifikan. Tapi bagi para orang-orang pecinta perangkat elektronik terutama fans produk Apple, perubahan antar iOS ini sangatlah banyak.

Satu fitur baru yang dirilis pada iOS 16 adalah Freeform, merupakan aplikasi papan putih yang dapat digunakan untuk berkolaborasi secara bersamaan real time.

Karena iOS 17 belum dirilis dengan resmi, fitur-fiturnya belum bisa dibandingkan dengan iOS 16.

Dengan adanya bocoran fitur iOS 17 akan memberikan gambaran pada fitur yang akan dirilis pada sistem operasi.

Berikut adalah rumor bocornya iOS 17!

Mendukung Headset Mixed Reality AR/VR

iPhone dengan iOS 17 akan dapat mendukung headset Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) milik Apple.

Bisa dibilang bahwa ini merupakan salah satu fitur iOS 17 yang spesial karena akan dirilis pada saat yang bersamaan.

Source: digitaltrends.com

Hal yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua iPhone yang memiliki iOS 17 dapat mengoperasikan headset ini, karena semua kembali lagi kepada spesifikasi pada iPhone.

Headset mixed reality Apple ini mencakup fitur yang sangat luas, mulai dari mendukung aktivitas olahraga hingga gaming. Diperkirakan bahwa headset akan memiliki aplikasi sendiri seperti Apple Watch.

Belum dapat diketahui apakah headset Apple ini dapat terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Belum dapat dipastikan juga apakah headset mixed reality merek lain dapat disambungkan ke iPhone dengan iOS 17 ini.

Samsung sudah merilis Samsung Gear VR dan akan merilis headset mixed reality di tahun 2023 ini. Tak mau kalah, Apple juga akan merilis headset mixed reality di tahun yang sama.

Baca juga: Inilah 5 Tips Penting Merawat iPad Agar Lebih Awet

Fitur Dynamic Island

Dynamic Island adalah fitur yang pertama kali diluncurkan bersamaan dengan iPhone 14 yang memiliki sistem operasi iOS 16.

Pengguna dapat memilih salah satu fungsi Dynamic Island:

  • Memperluas aktivitas untuk melihat lebih rinci dengan cara menyentuh dan menahan aktivitas atau gesek dari tengah.
  • Memperkecil aktivitas dan Dynamic Island dengan cara menggesek ke tengah.
  • Beralih diantara dua aktivitas dengan cara menggesek sisi.

Karena ini fitur yang cukup baru, masih banyak yang belum mengetahui fitur Dynamic Island.

Dengan Dynamic Island, kamu dapat memeriksa peringatan dan aktivitas yang sedang berlangsung disaat iPhone terkunci, mulai dari musik yang sedang kamu putar, timer, koneksi, hingga petunjuk arah dari peta.

Source: techcrunch.com

Apple telah konfirmasi bahwa di iOS 17 akan memaksimalkan fitur Dynamic Island.

Hingga saat ini, Samsung yang merupakan competitor terdekatnya belum memiliki fitur seperti Dynamic Island.

Namun ternyata, handphone Realme khususnya Realme C55 merupakan handphone Android pertama yang memiliki fitur seperti Dynamic Island.

Tampilan Control Center Berubah

Perubahan tampilan Control Center yang signifikan adalah pada iOS10 ke iOS11.

Dirumorkan bahwa tampilan Control Center pada iOS 17 mendatang akan berubah.

Source: smartprix.com

Tidak hanya tampilannya, fitur akan dapat lebih diatur sesuka pengguna.

Untuk Macbook, tampilan sistem tidak banyak yang berubah. Jika membandingkan Macbook dengan Powerbook, tampilan pada sistemnya masih mirip.

Dari sini kita dapat melihat perubahan banyak terjadi pada handphone dibanding dengan desktop. Hal ini disesuaikan dengan minat pengguna.

Apple merupakan salah satu perusahaan yang mendengarkan para penggunanya dan memperbaikinya.

Saat ini, banyak juga yang menginginkan tampilan beranda dan control center untuk layar dengan posisi tiduran atau horizontal. Maka itu, Apple terus memperbarui tampilannya.

Baca juga: Perbedaan MacBook dengan Laptop Biasa, Jangan Sampai Keliru

Fitur ‘Pencarian' Yang Lebih Baik

Pada iOS 15 dan iOS 16, perbedaan fitur pencarian sudah berubah dari yang sebelumnya. Fitur pencarian iOS 15 berada di atas layar, sedangkan iOS 16 berada di bawah layar.

Dengan iOS 17, Apple bermaksudkan untuk membuat fitur pencarian menjadi lebih baik. Fitur ini akan diperkuat oleh kekuatan AI.

Source: Youtube Arthur Wine

Tidak hanya menampilkan pencarian spesifik, namun pencarian juga akan menggali foto, video, catatan, dan lainnya berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

Mungkin fitur pencarian ini tidak terlalu menjadi daya tarik lebih, namun pengguna baru bisa merasakan perbedaannya setelah menggunakannya.

Sebenarnya, semua handphone Android seperti Oppo juga melakukan fitur pencarian yang lebih baik dan terus diperbarui juga.

Beberapa pengguna tidak menyukai tombol pencarian yang berada dibawah layar. Selain tidak biasa melihatnya, kesan yang ‘elegan’ dan ‘simpel’ menjadi sedikit berkurang.

Dibawah ini adalah tampilan pencarian pada iOS 16 yang mempermudah pencarian:

Source: Apple Insider

Baca juga: Kamu Harus Tau Hal-Hal Ini Sebelum Upgrade ke iPhone 13

Pengembangan pada CarPlay

Pada konferensi developer dunia (2022 Worldwide Developers Conference), Apple memberikan pratinjau rancangan untuk mengembangkan fitur CarPlay.

Source: carsome.id

Bagi yang belum tahu, CarPlay menawarkan kunci mobil digital dan fitur CarPlay untuk menggunakan iPhone kamu saat sedang di perjalanan.

Kamu dapat membuka dan mengunci pintu mobile dengan iPhone. Kamu juga dapat melihat jalan dengan aplikasi peta, mengangkat telepon masuk, atau mendengarkan lagu yang diinginkan dari mobil.

Fitur CarPlay ini dirancang dan diperbarui agar dapat lebih terintegrasi dengan iPhone secara maksimal.

Selain itu, Apple merencanakan untuk menambah widget serta layar yang ditampilkan lebih dari satu pada waktu yang bersamaan.

Dikabarkan bahwa Oppo akan segera merilis all in one platform untuk mobil. Mungkin tidak akan hampir persis dengan Apple Carplay, namun fungsi dan kegunaannya kurang lebih akan sama.

Apakah Kamu Salah Satu Yang Menunggu iOS 17?

Source: macrumors.com

Melihat fitur iOS 17 diatas, apakah kamu salah satu yang tidak sabar menunggunya?

iOS 17 akan dirilis bersamaan dengan iPhone 15, dikabarkan akan dirilis pada September 2023. Kemungkinan, kamu dapat melihat pratinjaunya pada bulan Juni 2023.

Karena pada iOS 16 perkembangan desain tampilan dan antarmuka termasuk lumayan drastis, kemungkinan pada iOS 17 akan difokuskan pada pembaruan dan pembetulan sisi teknisnya. Ditambah juga dengan dukungan kompabilitas untuk perangkat Apple yang lain.

Jika kamu ingin segera menggunakan fitur iOS 17, kamu dapat mendaftarkan diri sebagai Beta Tester.

Kamu juga bisa mencari handphone yang mendukung iOS 17 di Jagofon, mulai dari iPhone 11 dan seri setelahnya.Semua perusahaan elektronik memiliki beta tester, bahkan Infinix pun punya program beta tester.