JagoHacks

January 9, 2024

Intip Tips and Tricks Khusus Untuk MacBook.

Source: tiesalesm.live

Ketika berbicara tentang memilih laptop yang hendak dibeli, sebagian orang memilih untuk mengutamakan ketahanan atau masa pakai laptop, performa, layar yang tajam, dan fitur mumpuni lainnya. Tak jarang, MacBook kerap menjadi pilihan laptop terbaik bagi banyak orang.

Selain fiturnya yang terjamin mumpuni, desain dari MacBook yang ramping juga menampilkan kesan elegan dan mewah yang digandrungi oleh generasi muda. Dengan prosesor Apple terbaru yaitu M series, laptop besutan Apple ini semakin terdepan dalam hal performa dan tentunya menarik lebih banyak orang untuk membeli.

Untuk para pengguna baru MacBook tentunya membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan ekosistem, tampilan serta keyboardnya yang berbeda dengan laptop windows. Namun, Jagoans tahu nggak sih? kita bisa mengerjakan pekerjaan di MacBook dengan lebih efisien dan lebih cepat dengan menggunakan shortcut.

Nah, untuk kamu pengguna baru dari MacBook yang penasaran sama shortcut atau tips MacBook ini, simak artikel berikut yuk!

Baca juga: Tips Memakai MacBook Untuk Pemula Sampai Lancar

Screenshot Page sesuai Kebutuhanmu

Kamu membutuhkan data untuk dokumen atau foto yang butuh di screenshot? tenang aja Jagoans, melakukan screenshot atau tangkapan layar pada MacBook mudah banget kok! dan bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Bahkan, kamu dapat mengambil screenshot untuk sebagian layar ataupun full page.

Caranya sebagai berikut :

Source : Trustedreviews
  • Untuk mengambil screenshot keseluruhan layar atau full page, kamu dapat menekan tombol Shift + Command + 3.
  • Untuk mengambil screenshot pada sebagian layar, kamu dapat menekan tombol Shift + Command + 4, kemudian kamu tinggal menggambar kotak di sekitar tempat yang ingin kamu ambil tangkapan layarnya.

Kedua screenshot tersebut akan secara otomatis disimpan ke dalam desktop MacBook kamu dan akan muncul di sudut kanan bawah setelah screenshot diambil, yang dapat di klik untuk kamu edit dan tandai.

Tanda Tangan di PDF melalui Mail

Source : Artirellymedia.com

Membutuhkan tanda tangan pada dokumen PDF kamu? No worries, Jagoans! kamu nggak perlu report-repot untuk print PDF kamu terlebih dahulu untuk ditandatangani. Kamu juga bisa melakukannya dengan tanda tangan digital melalui aplikasi Mail di MacBook. Jadi kamu nggak perlu melakukan pemborosan kertas deh!

Cara untuk melakukan tanda tangan di PDF melalui aplikasi Mail :

  • Pastikan kamu telah men-download dan log-in di aplikasi Mail.
  • Kemudian, pilih Mail > Pengaturan, lalu klik Tanda Tangan.

Kamu dapat memilih tanda tangan yang pernah Anda gunakan sebelumnya, ataupun membuat tanda tangan baru. Jika kamu memilih untuk membuat tanda tangan baru, kamu dapat menggunakan trackpad di MacBook untuk menggambarnya, atau kamu dapat menulis tanda tangan kamu di selembar kertas lalu meng-scannya melalui webcam di MacBook milikmu.

Kalkulator dan Konversi Cepat

Source : Techstaker

Tips MacBook selanjutnya adalah menggunakan fungsi kalkulator dan konversi dengan cepat dengan fitur Spotlight. Fitur ini akan sangat membatu Jagoans yang berkutat dengan unit, angka, maupun konversi mata uang. Untuk memunculkan fitur tersebut, kamu tinggal menekan tombol Command + tombol Space Bar atau spasi.

Shortcut ini akan sangat memudahkan pengguna, tidak hanya untuk mencari file ataupun aplikasi saja, tetapi juga dapat digunakan dalam menjawab konversi dari suatu equation konversi unit dan mata uang. Cukup ketik apa yang ingin kamu konversikan atau tanyakan, jawabannya akan otomatis langsung ke bilah pencarian.

Tambahkan Guest User

Source : iDownloadBlog

Beralih ke shortcut untuk tips MacBook lainnya adalah fitur untuk menambahkan guest user. Fitur ini akan sangat memudahkan kamu yang berbagi penggunaan MacBook atau komputer Mac dengan beberapa orang. Hal ini memungkinkan para pengguna dapat mengatur wallpaper, tata letak, preferensi, dan aplikasi mereka sendiri sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir soal siapa pun yang sedang menggunakan MacBook-nya, karena pengguna satu dan lainnya tidak dapat mengakses file atau dokumen masing-masing, dan pastinya privasi kamu juga aman dan terlindungi dari pengguna lain.

Untuk menambahkan pengguna baru di MacBook, kamu dapat  membuka pengaturan dengan mengetuk logo Apple di sudut kiri atas. Gulir ke bawah ke Pengguna & Grup dan pilih Tambah Akun. Jika kamu ingin menambahkan guest user, ketuk 'I' di sebelah guest user di atas, kemudian tambah akun dan aktifkan 'Izinkan tamu masuk ke komputer ini'.

Baca juga: Punya Macbook? Inilah 10 Pengaturan Yang Wajib Kamu Coba

Wi-Fi Password dari Device Lain

Source : Macworld

Apple memiliki salah satu fitur luar biasa yang disebut Keychain atau yang dikenal dengan Akses Rantai Kunci. Fungsi dari fitur ini yaitu dapat  mengingat hampir semua kata sandi atau password untuk situs apa pun yang mungkin kamu perlukan untuk masuk, mulai dari Facebook hingga situs lainnya.

Fitur ini  juga akan mengingat kata sandi Wi-Fi yang pernah tersambung di suatu lokasi. Meskipun MacBook kamu akan secara otomatis bergabung dengan jaringan yang disimpannya, kamu mungkin perlu mengetahui kata sandi Wi-Fi untuk perangkat lain, seperti ponsel atau tablet kamu.

Untuk melihat kata sandi kata sandi apa pun yang pernah  tersimpan di MacBook, termasuk kata sandi Wi-Fi, kamu harus membuka Rantai Kunci terlebih dahulu. Cara tercepat adalah dengan menekan tombol Command + Space Bar pada keyboard kamu dan mengetikkan Keychain.

Kemudian, kamu dapat mencari di sudut kanan atas jaringan Wi-Fi atau situs yang kamu ingin tahu kata sandinya dengan memilih opsi Tampilkan Kata Sandi dan ketikkan kata sandi MacBook kamu untuk melihatnya.

Copy Paste tanpa Format Sebelumnya

Untuk kamu yang membutuhkan fitur copy-paste dengan cepat, kamu akan menyukai tips MacBook yang satu ini. Jika kamu ingin copy-paste dari situs web atau dokumen tetapi tidak ingin membawa formatnya, seperti font dan ukuran font, kamu dapat menyalin dan menempel tulisan tanpa memformat dengan cara :

  • Pilih teks yang ingin Anda salin dan tekan Command + C.
  • Buka tempat yang kamu inginkan untuk menempelkan teks, apakah itu Mail, Pages atau di tempat lain, kemudian tekan Command + Option + Shift + V.
  • Hal ini berguna jika kamu ingin menulis email dengan menyalin sesuatu atau tulisan dari situs web.

Share Dokumen dengan AirDrop

Source : Apple

Buat Jagoans yang memiliki perangkat Apple, mengirim dan menerima file baik dari iPhone, iPad, maupun ke MacBook akan sangat mudah menggunakan fitur AirDrop. Kinerja AirDrop kurang lebih sama dengan berbagi file melalui bluetooth pada perangkat android.

Jika perangkat yang ingin kamu bagikan tidak muncul, buka Finder di MacBook dan ketuk AirDrop di bagian atas. Kamu juga mungkin harus memilih untuk ditemukan oleh Hanya Kontak atau Semua Orang. Jika ingin mengaktifkan AirDrop di iOS, buka Pengaturan, lalu ketuk tombol AirDrop, lalu pilih Hanya Kontak atau Semua Orang.

Split Screen untuk Multitasking

Source : Beebom

Hacks keren lainnya untuk tips MacBook selanjutnya adalah split screen untuk kamu yang hobi multitasking! Kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir jendela yang dibuka akan saling tumpang tindih. Dengan fitur ini, kamu dapat membuka jendela dengan layar terpisah. Misalnya saja kamu dapat membuka Mail di satu sisi layar dan menulis dokumen di sisi lainnya.

Untuk masuk ke Split Screen View, kamu hanya perlu mengarahkan kursor ke ikon hijau di kiri atas aplikasi apa pun yang kamu inginkan di satu sisi layar. Tiga opsi akan otomatis muncul: Masuk ke Layar Penuh, Jendela Ubin di Kiri Layar, dan Jendela Ubin di Kanan Layar. Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginanmu. Untuk keluar dari Split Screen View di MacBook, cukup ketuk tombol hijau di sudut kiri atas aplikasi yang ingin ditutup.

Ngobrol dengan Siri

Source : Apple

Jika Amazon punya virual assistant dengan nama Alexa, Apple juga memiliki asisten cerdasnya sendiri dengan nama Siri. Kamu dapat dengan mudah membuat reminder, menugaskan alarm, mengobrol, menanyakan lelucon, hingga mengajukan beragam pertanyaan melalui Siri. Untuk mengaktifkan Siri pada MacBook, kamu hanya tinggal mengetuk Ikon Siri di bagian atas bilah menu pada MacBookmu.

Baca juga: Baru Beli Macbook? Ini Aksesoris Yang Kamu Wajib Punya

Screen Record di MacBook

Source : Geeks Callout

Selain mengambil gambar tangkapan layar atau screenshot, MacBook juga dapat melakukan perekaman layar lho Jagoans! Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam merekam aktivitas di laptop, misalnya saja membuat tutorial, atau merekam panggilan video, meeting dan seminar. Screen Record dapat dilakukan dengan menekan tombol Command + 5 pada keyboard di MacBook kamu.

Dapatkan MacBook Impian di Jagofon

Nah, itu dia tadi beberapa Tips MacBook yang bisa kamu aplikasikan untuk menunjang pekerjaan kamu agar lebih cepat dan efisien. Untuk kamu yang tertarik membeli MacBook, kamu bisa banget lho beli di Jagofon! Selain harganya yang lebih terjangkau, kamu juga akan mendapat kualitas terbaik dengan full aksesoris sesuai box baru!

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP/gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas. Semua gadget/HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP/gadget dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh!Beli HP/gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP/gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Tunggu apalagi? segera dapatkan MacBook impian dan beragam gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: