JagoHacks

February 5, 2024

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Powerbank

Fenomena di mana banyaknya pembelian smartphone yang unggul dari segi prosesor dan desain namun lemah dari segi baterai mencerminkan kompromi yang sering dilakukan dalam pengembangan perangkat mobile. Produsen sering kali berfokus pada meningkatkan performa dan desain smartphone untuk memenuhi tuntutan konsumen akan kecepatan, kekuatan, dan estetika yang menarik.

Source: Look Out

Ini dapat menghasilkan produk dengan prosesor yang kuat dan desain yang menarik, seperti layar besar dan bodi yang ramping. Namun, dalam upaya untuk mencapai tujuan desain yang lebih ramping atau fitur-fitur yang lebih canggih, kapasitas baterai seringkali dikorbankan, meninggalkan pengguna dengan pengalaman penggunaan yang terbatas karena baterai lebih cepat habis.

Kendati begitu, perkembangan dalam teknologi baterai tidak selalu sejalan dengan kemajuan dalam prosesor dan desain. Meskipun ada inovasi dalam hal pengisian daya cepat atau efisiensi penggunaan daya, kapasitas baterai masih menjadi batasan utama dalam penggunaan sehari-hari. Jagoans yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi dan desain menawan sering kali harus membuat kompromi dengan daya tahan baterai yang terbatas.

Hal-hal  tersebut dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan. Sebagai hasilnya, industri smartphone terus berupaya untuk menemukan keseimbangan antara performa, desain, dan daya tahan baterai agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis!

Pentingnya Baterai pada Smartphone

Kualitas baterai pada smartphone memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari dan pekerjaan kita. Seiring dengan semakin bergantungnya kita pada smartphone untuk komunikasi, produktivitas, hiburan, dan bahkan sebagai alat untuk pekerjaan profesional, daya tahan baterai yang baik menjadi kunci untuk menjaga kelancaran aktivitas tersebut.

Sebuah baterai yang berkualitas akan memberikan keandalan dan konsistensi daya yang cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi penting, menjawab panggilan, atau mengirim pesan tanpa kekhawatiran terlalu sering harus mencari colokan untuk mengisi daya. Selain itu, baterai yang berkualitas juga berperan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Source: Reddit

Dengan baterai yang tahan lama, pengguna dapat bekerja atau melakukan aktivitas Jagoans tanpa harus terganggu oleh kekhawatiran baterai habis. Ini memungkinkan untuk fokus pada tugas-tugas yang mendesak atau kreativitas tanpa harus terus-menerus mencari sumber daya listrik tambahan. Oleh karena itu, investasi dalam smartphone dengan kualitas baterai yang baik dapat membantu meningkatkan kinerja dan memfasilitasi gaya hidup yang produktif dan terkoneksi.

Sang Penyelamat Baterai

Kehadiran powerbank telah menjadi solusi yang populer untuk mengatasi masalah baterai smartphone yang cepat habis. Powerbank merupakan perangkat portabel yang dirancang khusus untuk mengisi ulang daya baterai smartphone dan perangkat lainnya secara mudah dan praktis, tanpa perlu mencari sumber daya listrik tetap.

Dengan kemampuan menyimpan daya yang cukup besar, powerbank memungkinkan kamu untuk mengisi daya perangkatmu di mana saja, kapan saja, tanpa terganggu oleh ketersediaan stopkontak. Hal ini memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan smartphone, terutama saat melakukan perjalanan atau berada di tempat-tempat dengan akses terbatas ke listrik.

Source: USB Memory Direct

Powerbank juga menjadi solusi yang ekonomis dalam jangka panjang, karena mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus mengganti baterai smartphone yang cepat habis. Dengan menggunakan powerbank, Jagoans dapat memperpanjang masa pakai baterai smartphone-mu, mengurangi frekuensi pengisian daya di colokan listrik, dan memperpanjang umur baterai secara keseluruhan.

Kehadiran powerbank juga mendorong inovasi dalam desain dan teknologi baterai, dengan produsen smartphone semakin fokus pada pengembangan baterai yang lebih efisien dan tahan lama. Dengan begitu, tuntutan para pengguna akan daya tahan yang lebih baik dalam penggunaan sehari-hari dapat terpenuhi. Berikut ini Jagofon ingin berbagi tips untuk beli powerbank yang bagus, supaya kamu tidak menyesal!

Baca juga: Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

1. Kapasitas Powerbank

Kapasitas powerbank diukur dalam mAh (milliampere-hour) dan menunjukkan seberapa banyak listrik yang dapat disimpan oleh perangkat. Pertimbangan utama dalam memilih kapasitas powerbank adalah seberapa sering dan seberapa banyak kamu mengisi ulang daya smartphone atau perangkat lainnya, serta berapa lama kamu berencana menggunakan powerbank saat tidak ada akses ke sumber daya listrik lainnya.

Source: The New York Times

Untuk penggunaan sehari-hari, powerbank dengan kapasitas sekitar 10.000 mAh hingga 20.000 mAh biasanya sudah cukup untuk mengisi ulang daya smartphone beberapa kali. Namun, jika kamu sering melakukan perjalanan jauh atau menghadapi situasi di mana akses ke listrik terbatas, kamu mungkin ingin memilih powerbank dengan kapasitas yang lebih besar, misalnya di atas 20.000 mAh.

Penting juga untuk memperhatikan faktor portabilitas powerbank dengan kapasitas yang lebih tinggi cenderung lebih besar dan berat, sehingga mungkin kurang nyaman untuk dibawa-bawa. Dengan mempertimbangkan kebutuhan daya dan preferensi portabilitas, kamu dapat beli powerbank yang sesuai untuk mendukung kegiatan sehari-harimu dengan baik.

2. Ukuran dan Berat Powerbank

Powerbank yang ideal haruslah cukup kecil dan ringan untuk dibawa dengan mudah dalam kantong atau tas sehari-hari tanpa menambah beban yang terlalu besar. Jagoans perlu mempertimbangkan kebutuhan daya Jagoans serta tingkat kenyamanan dalam membawa powerbank tersebut. Powerbank dengan desain yang ramping dan ringan biasanya memiliki kapasitas daya yang lebih rendah.

Source: Dreams Time

3. Ketersediaan Jumlah Port

Powerbank dengan banyak port dapat mengisi daya beberapa perangkat secara simultan, meningkatkan efisiensi dan kenyamananmu dalam mengelola perangkatmu. Penting untuk mempertimbangkan jumlah port yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari atau situasi tertentu, seperti saat bepergian bersama keluarga atau rekan kerja, di mana penggunaan banyak perangkat secara bersamaan seringkali diperlukan.

4. Design yang Menarik

Pemilihan powerbank yang bagus dalam hal desain memperhatikan faktor estetika serta kenyamanan penggunaan. Powerbank dengan desain yang menarik dan ergonomis dapat meningkatkan pengalamanmu dengan memberikan kesan yang lebih profesional dan stylish. Selain itu, desain yang baik juga mencakup fitur-fitur seperti indikator daya yang mudah dibaca, tombol yang responsif, dan bahan yang tahan lama untuk menjaga powerbank tetap awet dan mudah digunakan.

5. Built-In Kabel

Powerbank dengan kabel built-in menyediakan solusi yang praktis karena tidak perlu lagi membawa kabel tambahan atau khawatir kehilangan kabel. Built-in kabel yang terintegrasi dengan baik juga mengurangi kemungkinan kerusakan atau keausan yang disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan. Dengan demikian, Jagoans dapat dengan cepat dan mudah mengisi ulang daya perangkatmu tanpa harus repot mencari atau mengatur kabel secara terpisah.

Source: Akashi

Baca juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Ganti HP

Kesimpulan

Untuk Jagoans yang mau beli powerbank, kesimpulan yang penting adalah untuk mempertimbangkan sejumlah faktor tersebut di atas. Kapasitas daya yang sesuai dengan kebutuhan Jagoans merupakan hal yang utama, diikuti dengan pertimbangan terhadap portabilitas yang nyaman untuk dibawa. Ketersediaan jumlah port dan desain yang menarik serta ergonomis dapat meningkatkan pengalamanmu secara keseluruhan.

Sementara built-in kabel dapat menambah kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Dengan memperhatikan semua faktor ini, Jagoans dapat memilih powerbank yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu untuk mendukung kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. Kalau kamu ingin beli powerbank seken, kamu bisa membelinya di Jagofon. Kami menyediakan beberapa pilihan merek powerbank yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Share on: