JagoHacks

February 7, 2024

Tingkatkan Keamanan HP Android-mu Dengan Tips-tips Ini!

Maraknya kasus kejahatan melalui smartphone menjadi fenomena yang semakin meresahkan dengan cepatnya perkembangan teknologi. Salah satu masalah utama adalah kerentanan keamanan pada perangkat tersebut. Dengan kecanggihan teknologi, para peretas memiliki akses yang lebih mudah untuk mencuri informasi pribadi, data keuangan, dan bahkan mengakses sistem yang sensitif.

Source: CSO Online

Ketidakcukupan pemahaman tentang keamanan digital juga menjadi faktor penting, dimana banyak pengguna tidak menyadari risiko yang ada atau bahkan lalai dalam melindungi perangkat mereka dengan password yang kuat atau perangkat lunak keamanan yang memadai. Penggunaan smartphone yang meluas juga memudahkan pelaku kejahatan dalam menyebarkan ancaman secara luas dan efisien.

Berbagai bentuk kejahatan seperti penipuan melalui pesan teks atau email, pencurian identitas, dan serangan malware semakin sering terjadi. Kemudahan akses ke internet juga memberikan peluang bagi pelaku kejahatan untuk menyusup ke dalam jaringan dan sistem yang rentan.

Baca juga: Waspada! Berikut Cara Tahu HP Disadap dan Cara Mencegahnya

Sudah Banyak yang Menjadi Korban

Banyaknya korban yang melaporkan menjadi korban penipuan melalui online menyoroti eskalasi ancaman dalam ranah digital. Keterlibatan yang luas dari para pelaku kejahatan online membuat beragam skema penipuan semakin kompleks dan sulit untuk diidentifikasi. Dari penipuan investasi hingga modus penjualan barang palsu, para korban seringkali kehilangan uang dalam jumlah besar tanpa memiliki sarana yang cukup untuk mengembalikan kerugian mereka.

Source: New Scientist

Dengan faktor anonimitas yang terkait dengan ruang online memperumit penegakan hukum, memungkinkan para penipu untuk beroperasi dengan sedikit rasa takut akan ditangkap. Kehadiran penipuan online juga menimbulkan kekhawatiran akan keamanan data pribadi dan keuangan. Para korban tidak hanya kehilangan uang, tetapi juga rentan terhadap pencurian identitas dan penyalahgunaan informasi pribadi mereka.

Hal ini dapat memiliki dampak jangka panjang yang merugikan, baik secara finansial maupun emosional. Dengan demikian, upaya pencegahan yang lebih efektif dan penegakan hukum yang ketat diperlukan untuk mengurangi prevalensi penipuan online dan melindungi masyarakat dari kerugian yang tidak perlu.

Semakin Banyak Cara Untuk Meretas

Banyaknya cara untuk meretas smartphone menyoroti kerentanan yang mendasari penggunaan teknologi yang kurang hati-hati. Dari serangan phishing yang mengelabui pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi mereka hingga eksploitasi celah keamanan dalam perangkat lunak, para peretas memiliki beragam metode untuk mencuri data atau mengendalikan smartphone secara jarak jauh.

Source: ABC News

Praktik-praktik yang tidak aman seperti menggunakan koneksi Wi-Fi publik tanpa enkripsi atau mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya juga meningkatkan risiko terhadap serangan. Ketidakhatian dalam mengelola keamanan smartphone dapat berujung pada konsekuensi serius, termasuk pencurian identitas, kehilangan data pribadi, atau bahkan penyalahgunaan akses keuangan.

Jagoans perlu meningkatkan kesadaran akan praktik-praktik keamanan yang aman, termasuk penggunaan kata sandi yang kuat, pembaruan perangkat lunak secara teratur, dan waspada terhadap tanda-tanda serangan seperti perilaku yang mencurigakan atau permintaan informasi yang tidak lazim.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko terhadap upaya meretas smartphone dan menjaga keamanan data pribadimu, loh. Berikut tips menjaga HP Android dari Jagofon yang dapat Jagoans ikuti untuk meningkatkan keamanan HP-mu.

Baca juga: Lacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui, Simak Caranya!

1. Menggunakan Antivirus

Antivirus dapat membantu mendeteksi dan menghapus berbagai macam malware, seperti virus, worm, trojan, dan aplikasi berbahaya lainnya yang dapat merusak atau mencuri data dari perangkat. Antivirus juga dapat memberikan perlindungan terhadap serangan phishing dan mengamankan koneksi internet dengan fitur firewall. Jadi, kamu dapat mengurangi risiko terhadap serangan cyber dan memastikan bahwa informasi pribadi tetap aman.

2. Jangan Download Aplikasi Melalui Sumber yang Tidak Terpercaya

Source: Digital Trends

Mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store dapat mengurangi risiko terhadap aplikasi berbahaya atau malware. Sumber-sumber yang tidak terpercaya, seperti situs web pihak ketiga atau tautan yang tidak jelas, sering kali menyediakan aplikasi yang tidak terverifikasi atau dapat membahayakan keamanan perangkat. Kamu pun dapat mengurangi risiko terhadap serangan malware atau pencurian data yang dapat merugikan perangkat dan informasi pribadimu.

3. Menggunakan Kata Sandi yang Sulit Diretas

Kata sandi yang kuat harus terdiri dari kombinasi karakter acak, termasuk huruf besar dan kecil, angka, dan simbol khusus, serta memiliki panjang minimal yang disarankan. Kata sandi semacam ini membuatnya sulit bagi peretas untuk menebak atau memecahkan kode dengan metode serangan brute force. Selain itu, menghindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama panggilan, juga sangat penting untuk mencegah akses yang tidak sah ke perangkat dan data pribadimu.

Source: Insolvency Service - GOV.UK blogs

Banyak serangan cyber dimulai dengan penggunaan link yang mengarah ke situs web berbahaya atau mengandung kode jahat yang dapat merusak perangkat atau mencuri informasi sensitif. Jadi, Jagoans harus berhati-hati dalam membuka tautan yang diterima melalui pesan teks, email, atau media sosial, terutama jika kamu tidak mengenal pengirimnya atau jika pesan tersebut terasa mencurigakan.

5. Berhati-hati dengan Pemakaian Wi-Fi Public

Hal ini sering banget terjadi, apalagi kalau sedang bekerja dari luar atau work from cafe. Wi-Fi publik sering kali rentan terhadap serangan peretas yang dapat memantau dan mencuri data yang dikirimkan melalui jaringan tersebut. Lebih aman apabila menggunakan koneksi data seluler atau menyambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi yang terpercaya. Tips menjaga HP Android dengan membatasi penggunaan Wi-Fi publik sangat dapat dapat mengurangi risiko terhadap serangan.

6. Gunakan Fitur "Find My Phone"

Dengan fitur ini, Jagoans dapat mengunci perangkatmu dari jarak jauh, mengirim pesan ke layar kunci dengan informasi kontak jika ditemukan, atau bahkan menghapus data sensitif secara remote untuk mencegah akses yang tidak sah. Kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan kembali perangkat yang hilang serta melindungi informasi pribadi dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak sah.

7. Kunci Aplikasi yang Penting

Source: Watch Guard Technologies

Dengan menggunakan fitur penguncian aplikasi, kamu dapat mengamankan informasi pribadi seperti pesan teks, foto, dan data keuangan dari akses yang tidak diinginkan, bahkan jika perangkatmu terbuka oleh orang lain. Fitur ini memungkinkan,i untuk menetapkan kata sandi, sidik jari, atau pola penguncian tambahan untuk mengakses aplikasi tertentu, memberikan lapisan keamanan tambahan dan memberikan ketenangan pikiran bahwa data sensitifmu tetap aman dan terlindungi.

Baca juga: Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dari beberapa tips menjaga HP Android dari keamanan smartphone melibatkan serangkaian tindakan proaktif yang mencakup penggunaan fitur keamanan bawaan seperti penguncian layar dan fitur "Find My Phone", serta praktik-praktik yang bijaksana seperti menghindari penggunaan Wi-Fi publik yang tidak aman, memilih sumber unduhan aplikasi yang terpercaya, dan menghindari membuka link yang mencurigakan.

Penting juga untuk menggunakan kata sandi yang kuat, memperbarui perangkat lunak secara teratur, dan mengunci aplikasi yang penting untuk melindungi data pribadi dari akses yang tidak sah. Dengan menerapkan kombinasi strategi ini, Jagoans dapat mengurangi risiko terhadap serangan cyber dan menjaga keamanan perangkat serta informasi pribadimu.

Hal-hal tersebut dapat dengan mudah Jagoans lakukan sehari-hari, hanya saja terkadang lupa. Jadi, Jagoans perlu ekstra hati-hati untuk ke depannya. Kalau kamu perlu tips atau informasi lebih lanjut mengenai keamanan HP Android-mu, silahkan hubungi kontak kami disini. Kamu juga dapat mengunjungi website Jagofon untuk melihat produk-produk HP Android seken yang mungkin sudah lama menjadi incaranmu, Jagoans!

Share on: