JagoHacks

11 Cara Merawat HP Agar Awet Hingga Bertahun-tahun

Kalau disuruh pilih antara ketinggalan dompet atau HP saat keluar rumah, pasti banyak orang yang memilih ketinggalan dompet aja. Ya memang HP sudah sepenting itu perannya di hidup kita sekarang. Banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu smartphone di tangan kita. Mulai dari keperluan komunikasi, dokumentasi, pembayaran dan masih banyak lagi.

Kemajuan teknologi serta ketergantungan kita terhadap HP memang sudah jadi hal yang krusial. Sebuah keuntungan bagi kita kalau bisa punya HP yang performanya bisa tetap prima sepanjang masa. Karena terkadang bukan lagi soal canggih atau up to date nya sebuah HP yang bikin awet, tapi tentang seberapa cermat kita dalam cara merawat HP agar awet.

Buat Jagoan yang bertujuan punya HP untuk dipakai bertahun-tahun, kali ini Jagofon akan membagikan tips cara merawat HP agar awet. Nggak terlalu bikin kamu repot, beberapa cara merawat HP di bawah ini penting untuk dilakukan. Simak yuk!

Selalu Bersihkan Debu yang Menempel

Ini adalah cara merawat HP paling sederhana yang memberikan efek lumayan signifikan untuk HP kita. Pasalnya, kita mungkin suka tidak sadar bahwa HP yang sering kita bawa kemana-mana ini punya resiko tinggi terpapar oleh debu. Nah, debu yang lama-kelamaan mengendap ini bisa bikin HP kita cepat panas.

HP yang cepat panas sangat rawan dengan kerusakan. Jadi, bersihkan debu pada HP kamu secara berkala, ya. Cara merawat HP agar awet dari endapan debu harus dilakukan dengan lap microfiber atau lap kacamata. Tidak dianjurkan menggunakan tisu ya karena seratnya bisa tertinggal di HP dan malah mengendap lagi bersama debu.

Pakai Charger Original

Cara merawat HP satu ini sangat vital. Kita semua tahu kalau menggunakan charger yang tidak sesuai standar kualitas HP kita akan membuat HP cepat panas. HP yang panas biasanya rentan sekali terjadi kerusakan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menggunakan charger yang asli.

Penggunaan power bank yang terlalu sering juga tidak bagus lho untuk HP kita. Power bank yang fungsinya hanya dipakai untuk situasi urgent memang sudah seharusnya dipakai saat urgent aja. Usahakan untuk tetap charge HP kamu dengan charger yang seharusnya dan pakai yang asli, ya.

Jangan Pakai HP di tempat Panas

Faktanya, rata-rata HP punya suhu normal di kisaran 16 - 30 derajat celcius. Itu adalah suhu ideal untuk HP beroperasi. Jadi, cara merawat HP agar awet salah satunya adalah dengan menghindari suhu panas di sekitar HP.

Jika kamu termasuk orang dengan aktivitas utama di luar ruangan. Kamu bisa menaruh HP di tas agar tetap sejuk dan tidak terlalu terpapar matahari.

Selalu Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Coba kamu cek lagi HP kamu, apakah ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak pernah kamu pakai selama berbulan-bulan? Kalau iya dan sepertinya kamu tidak memerlukannya, lebih baik hapus aja. Ini salah satu cara merawat HP agar awet dan menjaga performanya tetap baik.

Beberapa aplikasi memakan kapasitas RAM dan CPU yang cukup besar, ini bisa memperlambat kerja HP kamu lho. Ada baiknya kamu hapusin beberapa aplikasi yang sekiranya tidak kamu pakai lagi, ya.

Jangan Main Game Ketika HP Di Charge

Rata-rata aplikasi game memakan RAM yang cukup besar, jika kamu main saat HP sedang di-charge maka akan membuat beban HP jadi berat. Hal ini akan merusak baterai kamu dan membuat dayanya berkurang.

Ada baiknya jika kamu memainkan game saat HP sudah penuh baterainya dan bersitirahat ketika di-charge. Selain itu, kamu mungkin bisa memfilter aplikasi apa aja yang memakan RAM besar di HP kamu sehingga dapat melemahkan performanya

Gambar: Arnel Hasanovic

Selalu Update Aplikasi dan Sistem Informasi (OS)

Cek ke pengaturan HP kamu dan lihat update sistem informasi kamu, kalau kamu masih memakai OS yang lama lebih baik kamu mulai upgrade OS kamu. Ini adalah cara merawat HP agar awet karena pembaruan sistem atau aplikasi dapat menjaga performa HP kamu tetap prima.

Pembaruan OS atau aplikasi punya banyak manfaat, lho. Dari mulai memperbaiki masalah keamanan, masalah bug, meningkatkan kinerja hingga memberikan fitur-fitur baru yang lebih ciamik.

Jangan Hanya Mengisi Daya Baterai Ketika Menyentuh 0%

Ternyata untuk mengisi daya baterai HP di saat 0% bisa membuat daya baterainya rusak lho. Karena ketika kamu mengisi daya di 0% tegangannya akan bertambah lebih banyak sehingga baterai tertekan.

Baterai HP idealnya berada di kapasitas 30-80% agar kerjanya baik. Jadi, ketika baterai HP kamu sudah dibawah 30% sebaiknya mulai kamu isi dayanya. Namun, jangan sampai baterai menjadi 100% juga ya karena tekanannya juga tinggi sehingga mampu memperpendek umur baterai.

Di Jagofon kamu bisa membeli HP dengan harga terjangkau, second tapi barangnya kayak baru! Otomatis baterai HP dari Jagofon juga dalam kondisi yang bagus semua. Ragu? Baca disini.

Bersihkan Cache

Cache atau file temporer yang dihasilkan browser atau aplikasi HP kamu sebenarnya berfungsi untuk mengingat perintah yang kamu lakukan di HP kamu agar tidak perlu membuat aktivitas baru lagi saat kamu menjalani beberapa perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Namun, tahukah kamu terkadang cache menyimpan cukup banyak memori?

Nah cara merawat HP agar awet bisa dilakukan dengan menghapus atau membersihkan cache yang ada di browser atau aplikasi yang kamu pakai. Biasanya, cara ini terletak pada Manajemen Aplikasi di Pengaturan HP kamu. Akses beberapa aplikasi dimana cache-nya menyimpan banyak memori dan bersihkan. Cara ini bisa membuat HP kamu tidak lemot dan meminimalisir terjadinya crash saat menjalani aplikasi.

Jangan Paksa HP untuk Multi-tasking

Sebenarnya hampir semua HP bisa melakukan ini. Namun jika kamu terlalu banyak membuka aplikasi di belakang layar dan tidak ditutup dengan benar akan menyebabkan kerja HP melambat.

Cara merawat HP satu ini cukup gampang, kok. Biasanya kamu bisa tekan tombol home di HP kamu dan lihat aplikasi apa saja yang belum tertutup sempurna. Setelah itu, eliminasi beberapa aplikasi yang sudah tidak dibuka agar kinerja HP kamu tidak lambat.

Gunakan Screen Protector dan Casing

Kalau di atas kita bahas cara merawat HP dari dalam, sekaran penting juga bagi kita untuk menjaga bagian luar atau bodi HP itu sendiri. Ya kalau yang satu ini sepertinya Jagoan udah paling paham. Pentingnya screen protector agar layar HP kamu terlindungi dari goresan serta casing supaya bodi HP kamu minim baret wajib kamu lakukan.

Kita nggak pernah tau, kadang ada aja kecerobohan yang kita perbuat sehingga HP kita terjatuh atau tergores benda tajam. Lagipula screen protector dan casing membantu HP kamu tetap kinclong dan mulus lho.

Jauhi HP dari Magnet

Kadang kita suka nggak sadar menaruh HP di dekat TV, radio atau alat lainnya yang memiliki magnet. Nyatanya, medan magnet, air hangat dan juga logam bisa merusak speaker kamu lho. Tentu speaker adalah bagian penting dari HP yang harus dirawat juga.

Selain itu, untuk memperpanjang umur speaker, kamu bisa melakukannya dengan memakai volume maksimal 90% di speaker agar tidak mudah rusak. Cara merawat HP satu ini cukup sederhana untuk dilakukan, kan?

Cara merawat HP diatas terbilang mudah dan nggak perlu banyak tenaga, bukan? Nah, kira-kira cara mana yang sebenarnya sudah sering kamu terapkan untuk HP kamu? Well, sebagai barang yang penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, HP memang sudah layaknya dilindungi agar dapat bertahan lama dan tetap bagus.

Beli HP second di Jagofon rasanya pasti sama dengan beli HP baru. Karena Jagofon punya tim berpengalaman dalam memeriksa dan menjaga kualitas HP sebelum sampai ke tangan kamu. Ada 90+ titik fungsi HP yang diperiksa dan 100% berfungsi. Setiap HP dijamin kualitasnya luar dalam sehingga yang kamu dapat bukan HP second dengan kualitas seadanya!

Proteksi yang Jagofon lakukan untuk setiap HP juga sangat ketat, bahkan ada garansinya jika HP tersebut sudah jadi milik kamu. Tak perlu memikirkan legalitas, karena pengujian IMEI di Jagofon didukung oleh GSMA otoritas global dan tunduk pada peraturan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Indonesia. Terbukti berkualitas, bergaransi dan pasti legal!

Baca juga:
Mudahnya Punya HP Baru di Tanggal Tua
10 Trik iPhone yang Jarang Kamu Ketahui
Mahasiswa Cari HP untuk Kebutuhan Kuliah? Gampang!